Sukses

2 Cara Ini Bantu Persiapkan Diri untuk Pensiun Dini

Pensiun dini mungkin impian bagi sebagian besar pekerja.

Liputan6.com, Jakarta - Pensiun dini mungkin impian bagi sebagian besar pekerja. Namun Memutuskan pilihan untuk pensiun dari pekerjaan memang bukanlah hal mudah, banyak yang harus dipikirkan. Tapi sudah memutuskan untuk pensiun dini berarti Anda pun sudah harus siap dengan konsekuensi yang akan dihadapi ke depan.

Menurut laman Aol, perencanaan ke depan adalah pilihan terbaik bagi kebanyakan orang dan tidak sesulit kedengarannya. Karena hal itu akan membuat hidup Anda jauh lebih mudah.

Jika sudah memutuskan untuk pensiun dini dari kerjaan, berikut ini dua tips yang dapat membantu Anda mempersiapkan diri saat ingin berhenti kerja:

Menabung dengan teratur

Menabung adalah faktor penting jika ingin menciptakan kekayaan. Tidak perlu menyimpan dalam jumlah besar untuk di awal. Jika ingin memulainya, biasakan sedari dini menabung dari nominal yang sedikit dulu, karena dari sedikit lama-lama pun akan menjadi bukit.

Misalnya setiap bulan Anda menabung sebesar Rp 200 ribu dan rutin, maka bayangkan nilainya yang berlipat dari waktu ke waktu. Dan jika sudah biasa Anda pun nantinya akan menambah nominal menjadi lebih besar lagi, jadi saat ingin pensiun Anda sudah punya pegangan dan tidak perlu khawatir lagi.

Buat persiapan jangka panjang

Bila Anda ingin berinvestasi untuk pensiun, milikilah pandangan investasi jangka panjang yang dibutuhkan. Seperti membeli saham di perusahaan yang bisa berdampak bagi kehidupan Anda di masa depan.

Jika tidak semakin lama Anda bisa berubah pikiran untuk membeli saham yang baru, dan semakin besar pula kemungkinan bahwa Anda akan membuat kesalahan.

Selanjutnya, harga saham tinggi berarti biaya transaksi yang lebih tinggi. Jika Anda ingin membangun kekayaan, penting bahwa Anda tidak berspekulasi pada saham berisiko tinggi.

Dan jika Anda menderita kerugian total, itu akan jauh lebih sulit bagi Anda untuk mencapai tujuan tabungan pensiun dini Anda.

Sederhananya, jika Anda ingin pensiun dini, berinvestasilah di perusahaan yang sudah mapan dan sebaiknya jangan keluar dari bisnisnya sebelum Anda mendapatkan sesuai target.​

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.