Sukses

Helikopter Produksi PT DI Tak Kalah Dibanding AW-101

PT DI sudah banyak mendesain dan merakit pesawat yang kemudian dipakai beberapa negara di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - PT Dirgantara Indonesia (Persero) menjadi ikon industri kedirgantaraan di Indonesia. Perusahaan ini sudah banyak mendesain dan merakit pesawat yang kemudian dipakai beberapa negara di dunia.

Produk salah satu contoh dari produk PT DI yang banyak digandrungi oleh negara lain adalah CN-235. Pesawat ini merupakan desain asli anak bangsa yang produksinya bekerjasama dengan Airbus. Saat ini PT DI juga tengah merancang jenis pesawat baru yaitu CN-245.

Selain itu, PT DI juga telah mampu memproduksi helikopter. Selama ini telah banyak helikopter yang melakukan penerbangan perdana dari pabrik PT DI di Bandung. Helikopter tersebut rakitan dari PT DI tetapi didesain oleh perusahaan lain. 

"PT DI mampu manufacturing atau merakit kemudian menerbangkan," kata Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno saat berbincang dengan wartawan, Jumat (24/2/2017).

Saat ini PT DI memang belum mendesain helikopter sendiri, tetapi Harry memastikan, PT DI sudah bekerjasama dengan beberapa produsen helikopter lain untuk mengembangkan produknya di Bandung. Dengan begitu, PT DI  bisa mengambil pasar di ASEAN.

Perihal kualitas produk helikopter yang dirakit PT DI, Harry mengklaim, ini sama dengan yang dirakit di pabrik para produsen. Bahkan kualitas helikopter jenis EC-725 Cougar tidak kalah jika dibandingkan dengan Agusta Westland AW101.

"Jadi tetap, PT DI dalam memproduksi pesawat sekarang disesuaikan dengan Renstra Hankam," ujar Harry.

Bagi Harry, bukan suatu hal yang tidak mungkin, dengan dukungan penuh pemerintah terhadap industri pertahanan dan mewujudkan kemandirian pertahanan, nantinya PT DI mampu‎ mendesain dan memproduksi helikopter sendiri. (Yas/Nrm)‎

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini