Sukses

Citilink, Maskapai RI Pertama yang Terbangkan Airbus Seri Terbaru

Liputan6.com, Jakarta Citilink Indonesia mendatangkan mesawat baru yaitu Airbus A320 NEO. Dengan adanya pesawat ini maka Citilink menjadi maskapai pertama di Indonesia yang mengoperasikan pesawat Airbus seri terbaru.

Direktur Citilink Indonesia Mega Satria mengatakan, Airbus A320 NEO merupakan pesawat ke-45 yang dimiliki oleh maskapai berbiaya murah (Low Cost Carier/LCC) ‎‎tersebut. Rencananya, Citilink Indonesia akan mendatangkan enam pesawat dengan tipe yang sama pada 2017.

"Ini merupakan sesuatu yang spesial bagi Citilink Indonesia karena kami menjadi maskapai pertama di Indonesia yang mengoperasikan pesawat seri A320NEO keluaran terbaru Airbus ini” kata ‎Mega, di Jakarta, Sabtu (25/2/2017).

Airbus A320NEO dipilih karena dianggap tepat untuk menjawab tantangan ekspansi Citilink untuk ke kawasan regional.

Dibandingkan dengan seri pendahulunya, A320NEO yang diperuntukkan untuk penerbangan jarak dekat dan menengah memiliki keunggulan di mesin yang lebih modern dan hemat bahan bakar hingga 15 persen sehingga dapat menghemat biaya operasional hingga 8 persen.

“Penghematan bahan bakar ini membuat Airbus A320NEO memiliki jarak tempuh yang lebih panjang dan daya angkut yang lebih besar dibandingkan seri pendahulunya, membuatnya cocok menerbangi langit di Timur Indonesia yang jaraknya cukup jauh dari kota hub penerbangan utama Citilink di Jawa dan Sumatera,” Mega menerangkan.

Selain untuk menerbangi kota-kota di Indonesia, Mega juga menyatakan kesiapan Citilink untuk merambah pasar regional dengan armada terbarunya.

“Armada terbaru kita nantinya juga akan digunakan untuk ekspansi Citilink ke tingkat regional. Saat ini kami tengah menggodok konsep dan melakukan persiapan agar penerbangan ke regional bisa segera direalisasikan dalam waktu dekat," jelas dia.

Penumpang akan merasa lebih nyaman saat melakukan penerbangan karena Airbus A320NEO memiliki tingkat kebisingan yang rendah jika dibandingkan seri pendahulunya.

Dengan menggunakan pesawat AirbusA320NEO, Citilink Indonesia juga menjadi salah satu maskapai yang mendukung teknologi ramah lingkungan dengan kadar emisi yang lebih rendah.

Untuk mengakomodir permintaan dan kebutuhan penerbangan domestik dan regional yang terus meningkat, ke depannya Citilink berencana untuk terus menambah armada Airbus A320NEO secara bertahap.

Sesuai jadwal, Citilink Indonesia akan mendatangkan total 10 unit pesawat Airbus A320 NEO hingga tahun 2018, dimana saat ini telah mengoperasikan 44 pesawat A320 CEO. (Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini