Sukses

Cegah Penipuan, PLN Buka Lowongan Kerja Lewat Aplikasi Online

Rekrutmen berbasis website ini memudahkan para pelamar kerja dari segi jarak dan waktu

Liputan6.com, Jakarta PT PLN (Persero) meluncurkan aplikasi rekrutmen kerja secara online untuk mempermudah ‎proses perekrutan pegawai serta mencegah penipuan. Kini lowongan kerja PLN dapat diakses melalui rekrutmen.pln.co.id. 

Kepala Divisi Pengembangan Talenta PLN Okto Rinaldi mengatakan, dengan menggunakan ‎aplikasi berbasis website ini memudahkan para pelamar kerja dari segi jarak dan waktu, sehingga tidak diharuskan datang ke lokasi rekrutmen untuk mendaftar dan menyerahkan berkas lamaran.

"Pencari kerja cukup mengunggah berkas lamaran yang diperlukan ke rekrutmen.pln.co.id, mereka sudah menjadi member online aplikasi rekrutmen PLN," kata dia di Jakarta, Sabtu (25/2/2017).

Okto menyebutkan, berkas lamaran yang diunggah adalah scan atau soft copy KTP, ijazah, transkrip akademik, akte kelahiran, dan sertifikasi kemampuan Bahasa Inggris TOEFL ITP, TOEFL IBT, TOEFL prediction, TOEIC dan IELTS.

Dengan peluncuran aplikasi rekrutmen online ini dipastikan dapat meminimalisir kecurangan dan penipuan yang marak dilakukan oknum yang mengatasnamakan Tim Rekrutmen PLN.

"Jalur yang perlu dilalui oleh pelamar hanya satu, yakni lewat website rekrutmen.pln.co.id, tidak ada yang lain," dia menjelaskan.

Sistem rekrutmen baru ini diharapkan dapat mempermudah PLN dalam menjaring tenaga-tenaga kerja unggul, mengingat tahun ini PLN masih membutuhkan tambahan 6.056 pegawai untuk mengejar rasio elektrifikasi di tahun 2019.

Rekrutmen jenjang S1 sampai D-IV diperuntukkan bagi jurusan Teknik Mesin, Elektronika dan Instrumentasi, Teknik Elektro, Teknik Fisika, Teknik Lingkungan, dan Teknik Industri.

Sedangkan rekrutmen jenjang D-III  diperuntukkan bagi jurusan Teknik Mesin, Elektronika dan Instrumentasi, Teknik Elektro, Teknik Sipil, dan Teknik Kimia.

Pelamar dapat melakukan pendaftaran dan penyerahan berkas lamaran secara online mulai dari 25 Februari sampai 11 Maret 2017.

Rangkaian tes seleksi terdiri dari :
a. Seleksi Administrasi
b. Tes Intelegensi
c. Tes Akademik
d. Tes Psikologi
e. Tes Kesehatan
(Kepada pelamar penyandang disabilitas, diberlakukan persyaratan khusus sesuai kebutuhan dan ketentuan yang berlaku)
f. Wawancara
g. Diklat Prajabatan

Tes seleksi ini nantinya diselenggarakan di tujuh kota, yakni Yogyakarta, Makassar, Denpasar, Bandar Lampung, Pekanbaru, Balikpapan, dan Manado.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.