Sukses

Dua Start Up Tawarkan Aplikasi Parkir dan Layanan Sekuriti Online

Fenomena juru parkir liar di kota kota besar dinilai menjadi masalah yang perlu penanganan secara komperhensif, tidak hanya soal pendapatan

Liputan6.com, Jakarta Pengusaha start up nasional terus berupaya membuka peluang bisnis baru seiring kemajuan teknologi smartphone. Kali ini, dua start up lokal menawarkan jasa layanan parkir dan pengamanan (sekuriti) melalui aplikasi.

Layanan parkir online ditawarkan lewat aplikasi Jukir.co. Fenomena juru parkir liar di kota kota besar dinilai menjadi masalah yang perlu penanganan secara komperhensif, tidak hanya masalah pendapatan daerah tapi lebih ke penanganan aspek sumber daya manusia seperti juru parkir.

Founder Jukir.co Budi Hartono mengatakan, aplikasi ini pertama kali di dunia. Dengan sistem ini, pendapatan daerah dan keberadaan juru parkir liar dapat terintegrasi ke dalam satu sistem yang transparan.

"Sudah saatnya parkir liar direvitalisasi secara bertahap agar para juru parkir liar dapat diperlakukan secara baik sekaligus menekan penyelewengan. Dengan kata lain perlu adanya perubahan sistem parkir liar kedalam sistem aplikasi berbasis tekhnologi," ujar dia dalam keterangannya, Sabtu (25/2/2017).

Dia menuturkan, Jukir.co menawarkan sistem aplikasi perparkiran yang memudahkan transaksi menuju era Cashless dan Branchless di Indonesia. Sebab aplikasi Jukir memiliki beberapa fitur pembayaran baik tunai maupun non tunai (uang elektronik) yang dilakukan juru parkir di manapun, kapanpun di lokasi parkir dan dimonitoring 24 Jam secara online dan real time.

Lebih lanjut, Budi Hartono mengatakan dengan adanya aplikasi Jukir, pemerintah daerah bisa dengan transparan melihat pendapatan parkir secara real time.

"Di sisi lain membuka peluang kerja para juru parkir liar untuk menjadi juru parkir profesional , sekaligus dapat mengoperasikan smartphone,” kata dia.

Sementara untuk aplikasi layanan pengamanan ditawarkan Omar  Mokhtar, Co-Founder aplikasi Sekuritiku.

Dia mengatakan, selama ini masalah keamanan merupakan kebutuhan dasar manusia. Saat ini, seiring dengan perkembangan teknologi informasi masalah keamanan dapat diminimalisir.

Dia mengklaim lewat aplikasi Sekuritiku dapat menghadirkan tenaga profesional bidang keamanan yang siap siaga menjaga keamanan selama 24 jam.

"Sistem ini dikordinasi dan integrasi Public Emergency Service, di mana  feature ini dilengkapi dengan fungsi “Panic Button” , seseorang dapat mengakses dengan cepat layanan emergency yang terhubung dengan pihak berwajib dengan sentuhan jari di smartphone Anda," tutur dia.

Omar  mengatakan, aplikasi ini bisa melayani  individu dan perusahaan. Aplikasi ini secara kongkrit dapat mengawal keamanan seperti pernikahan, private party, private event, dan lainnya.

Dia mengatakan, pemakaian aplikasi ini hanya cukup dengan sentuhan jari atau user friendly.

Dia berharap aplikasi ini dapat meningkatkan profesionalitas pengamanan yang selama ini hanya dipandang sebelah mata, sehingga profesi sekuriti dapat  sejajar dengan profesi lainnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini