Sukses

Menilik Hotel Mewah Tempat Raja Arab Saudi dan Rombongan Menginap

Berdasarkan kabar yang beredar sendiri, Raja Salman telah memesan kamar seharga Rp 133 juta per malam untuk menginap di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Kunjungan Kenegaraan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulazis Al Saud ke Jakarta pada 1-3 Maret 2017 dan berlanjut ke Bali pada 4-9 Maret 2017 memberikan dampak positif bagi industri perhotelan di Indonesia. Alasannya, kedatangan Raja Arab Saudi tersebut disertai dengan rombongan yang sangat gemuk yaitu mencapai 1.500 orang. Tentu saja, dengan rombongan yang gemuk tersebut akan banyak kamar hotel yang dibutuhkan. 

Ketua Persatuan Hotel Republik Indonesia (PHRI), Haryadi Sukamdani mengatakan, ada tiga hotel yang sudah disewa delegasi Saudi. Namun belum mengetahui secara persis hotel tempat Raja Salman menginap selama di Jakarta. 

“Yang jelas kedatangan Raja Arab Saudi ini memberi dampak sangat positif bagi industri perhotelan di Jakarta,” terang Ketua Persatuan Hotel Republik Indonesia (PHRI), Haryadi Sukamdani, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Minggu (26/2/2017). 

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah pun menyatakan hal yang sama dengan Haryadi. Menurut Fahri, Raja Salman menginap di kawasan Kuningan. Selain bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor, Raja Arab Saudi tersebut juga akan mengunjungi DPR.

Berdasarkan kabar yang beredar sendiri, Raja Arab Saudi tersebut telah memesan kamar seharga Rp 133 juta per malam untuk menginap di Jakarta. Saat ini ada banyak pilihan hotel berbintang dengan fasilitas mewah di Jakarta. Lokasinya pun banyak yang strategis.

Contohnya adalah daerah yang tak jauh dari Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi seperti kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Daerah tersebut terdapat tiga hotel bertaraf international yaitu Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan, Hotel JW Marriott, dan Hotel Raffles.

Fasilitas yang ditawarkan oleh ketiga hotel tersebut hampir sama karena memiliki standar global dengan layanan bintang lima. Contohnya Ritz Carlton, hotel tersebut memiliki kamar Presidential suites dengan luas kamar mencapai 401 meter persegi dengan fasilitas super mewah.

Tarif yang dipatok pun cukup fantastis. Harganya menembus angka Rp 133 juta per malam. Panorama Kota Jakarta bisa terlihat dari kamar yang terletak di lantai 22 itu. Di dalam kamar trsebut terdapat kamar mandi dilapisi full marble bathrooms dengan separate bathtub and shower.

Layanan entertainment juga sangat mewah. Dari mulai TV 55 inch LED screen television plus remote control, cable atau satellites dengan premium international movie channel, ipod dock with am/fm radio and clock hingga DVD Player.

Bila memang benar tiga hotel di kawasan Kuningan disewa Raja Salman, artinya 828 kamar di tiga hotel yang memasang tarif selangit itu bakal penuh. Denyut nadi restoran, lounge & bar, transportasi dan hotel itu sendiri akan berdetak sangat kencang. Semuanya ikut merasakan manisnya berkah pariwisata.

Marketing Communicatios Executive Raffles Hotel Jakarta Monica Agusta membenarkan bahwa hotelnya disewa delegasi kerajaan Saudi. Namun, dia mengaku tidak tahu pasti siapa tamu yang akan menginap di hotel itu. “Persiapannya normal saja. Kami siap melayani tamu seperti pada umumnya,’’ ujarnya.

Tidak ada permintaan khusus dari kerajaan Saudi berkaitan dengan rencana delegasi Raja Salman menginap di hotel itu. Termasuk dalam hal menu makanan. Yang pasti, pihak hotel menjamin semua makan yang disajikan berstatus halal, termasuk menu western cuisine.

Di luar itu, pihak Hotel Raffles juga menyediakan penerjemah untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu. ’’Kebetulan ada staf kami yang fasih berbahasa arab,’’ tambahnya.

Untuk diketahui kunjungan wisman asal Arab Saudi terbanyak masih melalui Bandara Soekarno Hatta Jakarta, tujuan Jakarta, Bandung, Puncak, Bogor.

Tahun 2015 jumlah wisatawan Arab mencapai 152.204 orang yang datang via Jakarta serta  6.997 via Denpasar, Bali. Mengalami kenaikan bila dibanding 2014 yang dikunjungi 141.009 wisman Saudi via Jakarta dan 4.539 via Denpasar. (Gdn/Ndw)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini