Sukses

Berlapis Emas 24 Karat, Berapa Biaya Pembuatan Piala Oscar?

Produksi Piala Oscar untuk para pemenang dilakukan tiga setengah bulan sebelum acara digelar.

Liputan6.com, Jakarta - Perhelatan bergengsi Academy Awards atau yang sering dikenal dengan Piala Oscar tengah digelar di Dolby Theater, Hollywood, California. Penghargaan ini siap memberikan apresiasi tertinggi bagi para insan perfilman dunia yang ditandai dengan penyerahan piala berwarna emas.

Sebanyak lebih dari 3.000 Piala Oscar telah dibagikan sejak perhelatan pertama Academy Awards pada tahun 1929. Namun tahukah Anda berapa sebenarnya biaya yang dibutuhkan untuk membuat Piala Oscar?

Melansir Mirror.co.uk, Selasa (27/2/2017), piala yang dibuat dari tembaga dan berlapis emas 24 karat ini memakan biaya sebesar US$ 400 atau Rp 5,3 juta (Kurs 1 US$ = 13.333) per buah. Tapi sayangnya, walau memakan biaya cukup besar dalam pembuatannya, Piala Oscar ini memiliki nilai yang kecil.

Jika dijual, Piala Oscar hanya boleh dibeli dengan harga US$ 1 atau Rp 13.333. Hal ini dikarenakan para pemenang Oscar hanya boleh menjual Piala Oscar tersebut kembali ke The Academy of Motion Picture Arts and Science. Setelah itu, The Academy baru memiliki hak untuk melelang piala Oscar ke masyarakat umum.

Perusahaan pembuat piala Oscar 2017 adalah Polich Tallix Inc. yang bermarkas di Rock Tavern, New York, Amerika Serikat. Perusahaan ini telah masuk di tahun kedua sebagai pembuat Piala Oscar.

Seperti dilaporkan CNBC, produksi Piala Oscar untuk para pemenang memerlukan waktu tiga setengah bulan. Ada dua belas tahapan produksi yang harus dilakukan dalam pembuatan piala, termasuk diantaranya memeriksa kualitas emas yang digunakan sebagai lapisan.

Selama 89 tahun perjalanan, perhelatan Academy Awards tak hanya memasukkan daftar film-film Hollywood. Terdapat kategori Best Foreign Language Film dan Best Animated Feature Film yang memungkinkan sineas luar Hollywood untuk meraih Piala Oscar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini