Sukses

Harga Bawang Merah Merangkak Naik

Di awal pekan ini, harga bawang merah naik, sedangkan harga barang putih stabil.

Liputan6.com, Jakarta - Harga beberapa bahan pangan di pasar tradisional masih terlihat tinggi. Harga cabai masih bertengger di kisaran Rp 100 ribu per kilogram (kg), sementara harga bawang merah mulai merambat naik

Pantauan Liputan6.com di Pasar Mampang, Jakarta Selatan, Senin (27/2/2017), di akhir bulan ini, harga bawang merah naik Rp 5.000 per kg menjadi Rp 50 ribu per kg dari pekan sebelumnya yang ada di angka Rp 45 ribu per kg.

"Harga bawang merah ini yang mulai naik. Sudah satu minggu naik dua kali. Minggu lalu itu harganya masih Rp 45 ribu," kata salah satu pedagang di pasar Mampang, Hernawati (42). Sedangkan untuk bawang putih masih sukup stabil di angka Rp 40 ribu per kg.

Di lain pihak, harga cabai terlihat masih tinggi dan belum ada tanda-tanda bakal turun. Cabai rawit merah dihargai Rp 100 ribu per kg. Harga ini naik Rp 2.000‎ per kg pada pekan ini dibandingkan dengan pekan sebelumnya yang ada di angka Rp 98 ribu per kg.

Sedangkan untuk cabai merah keriting, cabai merah besar dan cabai rawit hijau masing-masing tetap di harga Rp 45 ribu per kg, 40 ribu per kg dan 95 ribu per kg.

Harga bahan pangan lainnya cenderung stabil. Dimana harga beras premium seharga Rp 12 ribu per kg, beras kualitas sedang Rp 9.500 per kg, minyak goreng Rp 13 ribu per kg, gula pasir Rp 12 ribu per kg dan tepung terigu Rp 8.000 per kg.

Sementara untuk jenis daging, daging sapi masih bertengger di harga Rp 120 ribu. Sedangkan daging kambing seharga Rp 110 ribu per kg. Untuk telur ayam, di pasar ini dibandrol 20 ribu per kg, dan daging ayam Rp 30 ribu per ekor.

"Untuk daging harganya ya sudah segitu-segitu saja. Kita sedang berharap agar daging kerbau itu bisa lebih banyak pasokannya, ‎karena kalau kita jual pasti habis," ucap penjual daging Rahmat (52). (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.