Sukses

Garap Proyek LRT, KAI Bakal Dapat Suntikan Modal

KAI diminta pemerintah untuk menjadi investor dalam proyek LRT Jabodebek.

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero) diminta pemerintah untuk menjadi investor dalam proyek Light Raill Transit (LRT) Jabodebek. Karena itu, KAI akan mendapatkan suntikan modal.

KAI diminta untuk  menjadi investor dalam proyek ini karena APBN tidak mampu membiayai proyek dengan total investasi pembangunan prasarana tahap I mencapai Rp 23,3 triliun.

Deputi Kementerian BUMN Gatot Tri Hargo menjelaskan agar tidak membebankan KAI, Kementerian BUMN siap mengusulkan lagi Penyertaan Modal Negara (PMN).

"Kan KAI sudah ada PMN Rp 2 triliun, itu untuk sarana di Sumatra Selatan. Sarana di Sumatra bisa jalan kalau relnya sudah disediakan oleh perhubungan. Tapi sampai hari ini kan belum, jadi dana itu bisa dialihkan," kata Gatot di Kementerian BUMN, Senin (27/2/2017).

Untuk proyek LRT, KAI akan diusulkan mendapat PMN sebesar Rp 5,6 triliun. PMN ini akan coba diusulkan dalam APBN-Perubahan 2017, atau di APBN 2018.

Dalam proyek LRT ini, PT Adhi Karya (Persero) tetap menjadi kontraktor dengan PMN yang telah mendapat kucuran modal di 2015 sebesar Rp 1,4 triliun. Dengan begitu, total PMN untuk proyek ini mencapai Rp 9 triliun.

"PMN Rp 5,6 triliun ini sudah maunya Kementerian Keuangan. Kita harapkan itu akan diberikan dalam satu tahun, tidak bertahap jadinya, biar dapet pinjamannya lebih cepat," papar Gatot.

Dengan total modal yang sudah diberikan pemerintah Rp 9 triliun tersebut, dikatakan Gatot, nantinya proyek ini bisa mendapat fasilitas pinjaman mencapai Rp 18 triliun. Dengan cara ini, maka bisa mengurangi beban APBN, namun tenggat selesai pada Juni 2019 bisa tepat waktu. (Yas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini