Sukses

5 Cara Ampuh Berhemat untuk Pengantin Baru

Untuk menghindari masalah dan membuat hubungan pernikahan tetap langgeng, berikut tips berhemat untung pengantin baru

Liputan6.com, Jakarta - Mengelola keuangan rumah tangga tidaklah mudah, apalagi buat para pengantin baru. Kebiasaan mengatur keuangan saat masih sendiri tentulah berbeda dengan waktu Anda telah menikah.

Ada beberapa hal baru yang perlu menjadi perhatian Anda. Masalah tabungan juga harus menjadi fokus bagi Anda dan pasangan. Untuk menghindari masalah dan membuat hubungan pernikahan tetap langgeng, berikut tips dari Brides.com, Rabu (1/3/2017):

1. Selalu berdiskusi

Hidup berkeluarga memberikan prioritas yang berbeda dengan saat Anda masih melajang. Saat hidup berkeluarga, Anda harus bisa membuat keputusan bersama pasangan. Oleh karenanya, Anda harus terus berdiskusi bersama pasangan terutama yang menyangkut keuangan.

2. Hati-hati dalam membuat anggaran

Anda juga harus bisa membuat anggaran bersama pasangan. Namun hati-hati saat membuat anggaran, Anda harus memperhatikan kebutuhan apa saja yang harus masuk dalam anggaran. Jangan sampai, Anda hanya memasukkan hal-hal yang sebenarnya justru tidak begitu penting.

3. Menabung satu bank

Cara lain yang bisa dilakukan agar menabung bersama pasangan bisa lebih mudah dilakukan adalah dengan membuat rekening bersama. Saat Anda mendapat pendapatan bulanan, Anda bisa langsung memasukkan uang tabungan tersebut dalam tabungan bersama yang Anda miliki.

4. Potong pengeluaran yang tidak perlu

Jangan lupa juga untuk memotong pengeluaran yang tidak benar-benar Anda butuhkan. Biasanya, saat sudah tinggal bersama pasangan Anda bisa mengatur pengeluaran apa saja yang harus Anda lakukan.

5. Punya tujuan menabung yang sama

Terakhir, Anda harus memiliki tujuan menabung yang sama. Masalah kerap terjadi ketika pasangan tidak sepakat dengan prioritas mereka. Sebelum terjadi hal yang lebih rumit, sebaiknya Anda membicarakan akan tujuan ini sedini mungkin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.