Sukses

Top 3: Kenaikan Tarif Listrik

Berikut ini tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Rabu (1/3/2017):

Liputan6.com, Jakarta - Pelanggan listrik dengan daya 900 Volt Ampere (VA) yang masuk dalam kategori Rumah Tangga Mampu (RTM) kembali terkena pencabutan subsidi listrik terhitung 1 Maret 2017. Kondisi ini menyebabkan tarif listrik naik bagi pelanggan tersebut.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jarman mengatakan, pencabutan subsidi pada 1 Maret 2017 merupakan tahap kedua.

Artikel mengenai kenaikan tarif listrik dengan daya 900 VA bagi keluarga mampu tersebut menjadi salah satu artikel yang banyak dibaca. Selain itu masih ada beberapa artikel lain yang layak untuk disimak.

Lengkapnya, berikut ini tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Rabu (1/3/2017):

1. Ingat, Tarif Listrik Pelanggan 900 Va Kembali Naik Mulai 1 Maret

Pelanggan listrik dengan daya 900 Volt Ampere (VA) yang masuk dalam kategori Rumah Tangga Mampu (RTM) kembali terkena pencabutan subsidi listrik terhitung 1 Maret 2017.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jarman mengatakan, pencabutan subsidi pada 1 Maret 2017 merupakan tahap kedua. Sedangkan pencabutan tahap pertama sudah berlangsung mulai Januari.

Pencabutan subsidi dilakukan setiap dua bulan, besarannya mencapai 30 persen. Hal ini berdampak kepada ‎kenaikan tarif listrik untuk golongan 900 VA yang masuk kategori mampu, dengan jumlah pelanggan mencapai 18,9 juta rumah tangga.

Berita selengkapnya baca di sini

2. Kenaikan Tarif Listrik Tak Berlaku bagi Pelanggan Miskin 900 VA

Pemerintah menyatakan pencabutan subsidi listrik hanya berlaku bagi pelanggan berdaya 900 Volt Ampere (VA) yang masuk dalam kategori Rumah Tangga Mampu (RTM). Dengan pencabutan subsidi ini, tarif listrik pelanggan golongan ini kembali naik.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jarman mengatakan, pemerintah sudah memberikan kesempatan bagi masyarakat atau pelanggan 900 Va yang keberatan dengan kenaikan untuk mengajukan pengaduan.

Pemerintah pun telah menerima pengaduan dari sejumlah masyarakat. Jika masyarakat yang mengadu ternyata memang masih berhak menerima subsidi, maka pemerintah tak akan melakukan pencabutan.

Berita selengkapnya baca di sini

3. Sri Mulyani: RI Akan Manfaatkan Kedatangan Raja Salman

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud bersama 1.500 rombongan, termasuk 25 pangeran dan 10 menteri akan melakukan lawatan ke Indonesia pada 1 sampai 9 Maret 2017. Selain ke Jakarta, Raja Salman juga akan berlibur di Bali pada 4-9 Maret 2017.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati usai Rakornas Pelaksanaan Anggaran Kementerian/Lembaga 2017 menyambut positif kunjungan bersejarah Raja Salman ke Indonesia.

"Presiden dan seluruh menteri sudah berkoordinasi untuk memanfaatkan (kedatangan Raja Salman)," kata Sri Mulyani.

Berita selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini