Sukses

Sambil Tidur Uang Bisa Datang Sendiri, Ini Caranya

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda ingat, ada sebuah petuah kuno yang mengatakan bahwa berhati-hatilah saat berutang karena bunga utang tak akan tidur. Bunga utang tetap akan berkembang dan menggerogoti pendapatan Anda sedikit demi sedikit. Bunga utang tak mengenal kata libur atau tanggal merah. 

Sebaliknya, Anda sebenarnya juga bisa menghasilkan uang meskipun sedang tertidur pulas. Jika memilih usaha atau investasi yang tepat, maka Anda tinggal ongkang-ongkang kaki menikmati hasil dan uang akan menghampiri Anda dengan sendirinya. 

Apalagi di zaman internet seperti sekarang ini. Banyak cara yang bisa Anda jalankan sehingga mampu membuat penghasilan Anda berlipat-lipat dengan sendirinya.

Lalu bagaimana caranya? Dikutip dari entrepreneur, Sabtu (4/3/2017), berikut ini 7 cara menghasilkan uang meskipun Anda sedang tertidur nyenyak: 

1. Membuat blog

Mungkin cara yang paling populer untuk mendapatkan penghasilan pasif adalah dengan meluncurkan blog Anda sendiri. Ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk mengatur dan untuk memulai dengan murah karena hanya membeli nama domain Anda dan membayar hosting.

Setelah itu, mulai menciptakan konten yang menakjubkan sehingga orang akan tertarik untuk membaca atau berbagi. Misalnya, jika Anda seorang akuntan maka Anda bisa memberikan tips-tips soal pajak.

Pastikan Anda menulis tentang topik populer. Jika Anda masih mencintai apa yang Anda buat dan berusaha semaksimal mungkin agar hasil yang Anda tulis menarik maka bukan tidak mungkin blog yang Anda buat bisa menghasilkan uang dengan sendirinya.

2. Menjual pengetahuan

Jika Anda memiliki pengetahuan tertentu, maka Anda dapat mulai membuat produk, seperti e-book atau video, dan menjualnya di blog. Di awal memang membutuhkan banyak usaha dengan mempromosikan. Namun jika produk Anda sudah diketahui bukan tidak mungkin orang akan datang sendiri untuk membelinya.

Anda tinggal mengatur bagaimana cara untuk memaksimalkan produk tersebut.

3. Dapatkan royalti

Jika Anda adalah seorang musisi berbakat, aktor, atau penulis, maka Anda bisa mendapatkan royalti dari pekerjaan Anda. Dengan kata lain orang-orang akan membayar Anda untuk menggunakan pekerjaan Anda atau menggunakan aset kreatif Anda.

4. Investasi saham 

Anda bisa berinvestasi di saham. Jika memilih perusahaan yang tepat, maka Anda tak perlu banyak melakukan transaksi dan cukup diam maka pundi-pundi uang Anda akan memebsar dengan sendirinya. 

Perusahaan yang baik harga sahamnya akan terus merangkak sesuai dengan permintaan pasar. Namun memang kadang harga saham juga jatuh. Jangan panik, investasi saham bisa dilakukan jangka panjang. 

5. Memberikan pinjaman

Perusahaan seperti LendingClub, Propser, dan Harmoney telah menciptakan sebuah program dimana seorang peminjam akan bisa bertemu dengan pemberi pinjaman secara online. Jika memiliki keahlian maka Anda bisa juga melakukan hal yang sama. 

Anda membuat program yang bisa mencocokkan antara pemberi pinjaman dengan peminjam. Sesuaikan profil masing-masing sesuai dengan spesifikasi masing-masing.

6 Menyewakan properti

Berkat Airbnb, Anda bisa menyewakan rumah Anda sementara saat liburan atau rumah ketika tidak digunakan. Anda juga dapat menyewa garasi, parkir, atau kantor yang tidak terpakai. Sangat bagus penghasilan tambahan tanpa benar-benar melakukan apa-apa kecuali menempatkan iklan. (Dian Ayu/Gdn)

Artikel Selanjutnya
Tragis, Kado Uang Tunai dari Kekasih Hancur Tak Berbentuk
Artikel Selanjutnya
Mau Liburan Tapi Tak Punya Uang? Ini 5 Trik Atasinya