Sukses

Pasokan Rusia Tak Berkurang, Harga Minyak Turun

Harga minyak turun menyusul produksi miyak mentah di Rusia tak berubah.

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak jatuh lebih dari 2 persen pada Kamis kemarin, menyusul produksi miyak mentah di Rusia tak berubah.

Ini menunjukkan ketidakpatuhan pada kesepakatan antara negara pengekspor minyak atau OPEC dan negara Non OPEC untuk memangkas produksi demi menaikkan harga.

Harga minyak mentah acuan dunia, Brent menutup sesi Kamis kemarin dengan penurunan US$ 1,28 per barel atau 2,3 persen yang kemudian menetap di level US$ 55,08 per barel.

Sementara menurut reuters, Jumat (3/3/2017), harga minyak acuan Amerika Serikat (AS) turun US$ 1,22 atau 23 persen ke level US$ 52,61 per barel.

Dolar yang menguat juga memberikan pengaruh. Harga minyak lebih mahal bagi mereka yang membelinya dengan mata uang di luar dolar. Dolar naik ke level tinggi selama 7 pekan terhadap sekeranjang mata uang lain.

Pasar minyak mentah melanjutkan pelemahan sejak rabu saat data pemerintah menunjukkan penyimpanan minyak mentah di Amerika Serikat naik. Minyak mentah di negara pemakai minyak terbesar dunia itu naik ke level 520,2 juta barel pekan lalu.

Namun, harga minyak tidak biasanya stabil sejak produsen mencapai kesepakatan pada November untuk memangkas kelebihan produksi yang telah sejak lama membebani harga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.