Sukses

5 Tanda Anda Siap Pensiun Dini

Keputusan untuk pensiun dini memang harus dipertimbangkan dengan bijak dan cermat agar tidak menyesal di kemudian hari.

Liputan6.com, Jakarta - Tak sedikit orang yang tertarik untuk bisa mengambil pensiun dini. Di usia yang masih muda, pekerja yang memilih untuk pensiun dini masih memiliki kesempatan untuk memulai usaha baru.

Pensiun dini juga memberikan manfaat lain seperti hemat biaya kesehatan karena tidak mengalami stres yang terlalu besar akibat bekerja, kurang tidur, atau kurang waktu berolahraga.

Memang, keputusan untuk pensiun dini memang harus dipertimbangkan dengan bijak dan cermat agar tidak menyesal di kemudian hari. Karena jika salah mengambil keputusan, keinginan Anda untuk bisa hidup tenang saat pensiun dini justru hanya akan jadi angan-angan semata.

Berikut lima tanda Anda sudah siap pensiun dini melansir Investopedia.com, Minggu (5/3/2017)

1. Terbebas utang

Jika Anda memiliki rencana untuk pensiun dini, maka satu hal yang harus dipastikan adalah tidak ada lagi utang atau cicilan yang membelit. Jika Anda telah terbebas dari tuntutan membayar utang, itu artinya dana tabungan yang dimiliki bisa digunakan sepenuhnya untuk Anda.

2. Sudah punya rencana setelah pensiun

Apabila Anda sudah memiliki rencana yang jelas setelah pensiun, maka artinya Anda boleh untuk mengambil pensiun dini. Walau sudah tidak lagi bekerja, waktu yang Anda miliki ketika pensiun harus tetap dimanfaatkan dengan baik.

3. Tabungan sudah cukup

Jika ternyata uang yang Anda kumpulkan tersebut telah mencukupi atau malah berlebih, inilah salah satu tanda bahwa Anda sudah pantas pensiun dini.

Pastikan bahwa segala kebutuhan dan pembiayaan dapat tercukupi dengan tabungan Anda miliki tersebut sebelum memutuskan untuk berhenti kerja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dana pensiun

4. Sudah bisa hidup dengan dana pensiun

Sebelum mengambil keputusan, Anda bisa melakukan uji coba dengan menggunakan anggaran pensiun untuk kebutuhan sehari-hari. Jika anggaran yang Anda miliki tersebut sudah bisa membuat Anda hidup layaknya saat bekerja, itu artinya Anda satu langkah lebih dekat untuk pensiun dini.

5. Biaya kesehatan terpenuhi

Salah satu kebutuhan yang menguras uang dalam jumlah besar adalah biaya kesehatan. Pastikan sebelum Anda mengambil keputusan pensiun ini, biaya kesehatan sudah bisa tercukupi dengan baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini