Sukses

8 Kebiasaan yang Harus Dihilangkan Jika Ingin Sukses

Mulailah hilangkan 8 kebiasaan yang akan menjauhkanmu dari kesuksesan seperti berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari akan menentukan keberhasilan ataupun kegagalan kita dalam hidup. Hal-hal kecil yang menghambat produktifitas, secara tidak sadar akan menjauhkan kita dari kesuksesan.

Untuk itu mulailah hilangkan 8 kebiasaan yang akan menjauhkanmu dari kesuksesan seperti dikutip dari Tunaiku:

1. Sering beralasan

Orang-orang sukses tidak pernah mencoba untuk menyalahkan orang lain dalam perjuangan meraih kesuksesannya.

Orang-orang yang memiliki masa depan yang cerah akan mengakui setiap kegagalan yang didapat kemudian berusaha untuk memperbaikinya.

Berbeda dengan orang yang hanya pintar mencari alasan tanpa ada usaha untuk memperbaikinya.

2. Perfeksionis berlebihan

Selalu tampil dan melakukan segala sesuatu dengan sempurna tidaklah mudah. Sifat perfeksionis berlebihan akan membuat kamu merasa kurang kepercayaan diri, seringkali merasa ragu terhadap diri sendiri, membandingkan dengan orang lain yang tampak lebih baik, dan rasa takut melakukan kesalahan hingga akan sulit menerima kegagalan.

Tidak ada yang sempurna, tapi siapa pun dapat membuat keputusan untuk menjadi orang yang lebih baik asal berusaha.

3. Ingin mengontrol segalanya

Kamu tidak selalu dapat memegang kendali akan segala hal sendirian. Kemampuan multitasking hanya akan membuat kamu mengerjakan sesuatu secara setengah-setengah sehingga hasilnya tidak maksimal.

Selain itu dengan mengontrol segalanya membuat kamu merasa stres, marah dan frustrasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lebih terbuka


4. Cobalah berpikir lebih terbuka

Orang cenderung takut menempuh jalan berIsiko yang belum pasti kesuksesannya. Mereka lebih memilih jalan orang lain yang telah terbukti berhasil. Hal ini hanya akan menghambat kamu untuk mengeluarkan ide-ide baru.

Cobalah untuk membuka pikiran terhadap pengetahuan baru dan proses pembelajaran selanjutnya. Dengan begitu kamu akan selalu kaya akan wawasan baru yang tentunya dapat membantu kamu meraih kesuksesan.

5. Jauhi orang-orang yang berpengaruh negatif

Bergaul dengan orang-orang yang cenderung berpikiran negatif atau pesimis hanya akan membuat kamu mengikuti cara berpikir mereka.

Cobalah untuk memutus hubungan dengan orang-orang tersebut, dan berkumpulah dengan orang-orang yang positif sehingga akan memotivasi kamu untuk meraih kesuksesan.

 6. Mengiyakan sesuatu saat seharusnya kamu bilang tidak bisa

Saat kamu tidak yakin akan suatu janji, lebih baik katakan tidak daripada kamu iyakan namun ada keterpaksaan di sana. Kamu mungkin akan merasa tidak enak untuk menolak, namun lebih baik memberikan ketegasan daripada kita memberikan janji yang belum tentu bisa kita tepati.

Selain itu, jika kamu tegas bilang tidak di awal, kamu tidak akan dicap sebagai orang yang plin-plan atau mudah ingkar janji.

3 dari 3 halaman

Tidak menghargai waktu



7. Tidak menghargai waktu

Orang yang gagal adalah orang yang suka membuang waktu untuk perbuatan-perbuatan yang tidak bermanfaat. Waktu lebih berharga daripada uang karena waktu adalah kehidupan.

Setiap kita menghabiskan waktu, sebenarnya kita sedang menghabiskan kehidupan. Kebiasaan tidak menghargai waktu hanya akan membuat kamu semakin jauh dari kesuksesan.

8. Sering menunda-nunda pekerjaan

Inilah salah satu kebiasaan yang paling banyak dimiliki oleh orang-orang yang selalu gagal. Mereka sering beranggapan bahwa masih ada hari esok untuk menyelesaikannya.

Menunda sesuatu hanya akan menyebabkan pekerjaan-pekerjaan kita menjadi terbengkalai, rencana-rencana, dan kewajiban-kewajiban yang harus kita lakukan tertunda.

Orang yang suka menunda apa yang seharusnya dia lakukan, maka keberhasilan dan cita-citanya juga akan tertunda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini