Sukses

5 Cara Penghematan Saat Mulai Berbisnis

Bagaimana cara terbaik agar bisa tetap berhemat dan menyimpan uang ketika memulai bisnis?

Liputan6.com, Jakarta - Rata-rata para pengusaha-yang sukses biasanya pasti mengorbankan banyak waktu dan uang mereka untuk berinvestasi dalam mengambil risiko dari bisnis sedang dijalankan. Meskipun, banyak juga pebisnis yang memulai usahanya dari titik nol.

Karenanya sangat wajar jika seseorang memulai bisnisnya dari modal yang kecil. Namun, yang perlu difokuskan adalah meminimalisir biaya usaha sebanyak mungkin.

 Jadi, bagaimana cara terbaik agar bisa tetap berhemat dan menyimpan uang ketika memulai bisnis? Berikut 5 cara yang bisa dilakukan untuk menghemat uang ketika memulai bisnis melansir BusinessZone.

1. Cari Tempat atau Ruang Usaha yang Murah

Jika tidak layak untuk bekerja dari rumah, misalnya, ketika Anda ingin bertemu klien atau butuh sinyal wifi yang lebih baik untuk internet, biasanya keberadaan kantor juga bisa mempengaruhi wibawa bisnis atau pemilik perusahaan.

Pastinya dibutuhkan tempat yang agak bergengi dan strategis, dan tentu saja untuk menyewa tempat yang strategis tidaklah murah.

Demi menyiasatinya, Anda bisa tetap menyewa kantor di tempat tersebut tanpa harus mengeluarkan biaya penuh. Anda bisa berbagi ruang sewa dengan kantor atau orang lain, dan ini tentu saja lebih hemat karena memotong setengah dari biaya sewa yang harus dibayar. 

Anda hanya perlu menyewa meja dan mungkin satu ruangaan yang bisa dilakukan untuk pertemuan bisnis. Keuntungan lainnya, Anda juga bisa menuliskan alamat di kop surat, jadi bisnis Anda pun tidak dipandang sebelah mata. Ada banyak pilihan sewa ruang kantor bagi mereka yang ingin berhemat ketika memulai bisnis baru.

2. Pilih Rekan Kerja yang Bisa Bekerja Efektif

Saat mulai berbisnis wajar ingin melakukan semuanya sendiri, karena memiliki bisnis merupakan kebanggaan tersendiri. Tapi ada kalanya beberapa pekerjaan tidak bisa Anda lakukan sendiri karena bukan ahlinya, Anda juga butuh orang lain untuk meng-handle pekerjaan yang tidak bisa Anda lakukan itu.

Carilah rekan dan tim kerja yang benar-benar bisa menguasai tugasnya dengan baik. Anda lebih mungkin untuk menghemat uang jika Anda mendelegasikan pekerjaan yang dibenci kepada seseorang yang benar-benar menikmati pekerjaannya.

Misalnya, saat memilih ahli dalam memasarkan produk atau mengembangkan web bisnis Anda. Jika Anda dapat memilih dengan bijak, Anda akan menemukan serta mendapatkan lebih dari cukup untuk membayar mereka ketika Anda pun terus-menerus bekerja pada bidang yang Anda cintai. Ingatlah, bahwa Setiap pengusaha biasanya memiliki tim yang hebat.

3. Pekerjakan Seorang Akuntan yang Bijaksana

Seorang akuntan yang baik dan bijaksana biasanya akan bisa menghemat uang untuk pajak perusahaan yang Anda miliki. Jika ini terjadi, jangan heran bisnis yang Anda mulai akan bisa bertahan dan menghasilkan keuntungan, hanya karena Anda memilih seorang akuntan yang sepemikiran dan memahami bisnis yang Anda jalani.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Balik modal

4. Pastikan Setiap Uang yang Anda Investasikan Balik Modal

Setiap sen yang Anda habiskan untuk memulai bisnis baru, setidaknya harus bisa Anda perkirakan untuk balik modal. Misalnya, jika Anda mempekerjakan seorang copywriter yang baik, setidaknya ada keuntungan bisa didapat dari iklan yang masuk ke website Anda.

Atau ketika memilih freelancer, peralatan maupun produk yang dipakai untuk untuk bisnis, pastikan Anda layak dan bisa menghitung modal Anda kembali lagi. Bagaimana caranya, itu adalah tugas dari tim dan pekerja Anda untuk mengetahuinya, dan ini berkaitan dengan nomor 2 dan 3 seperti yang sudah di bahas di atas.

5. Pertimbangkan Apa yang Sudah Anda Miliki

Anda tidak selalu harus menyewa kantor atau bekerja dari kamar tidur jika memiliki taman atau gudang yang layak di rumah  untuk dijadikan ruang usaha. Aturlah tempat tersebut selayaknya kantor.

Untuk awal beli saja peralatan kantor yang sederhana dan sesuaikan dengan kebutuhan saat ini. Tentu saja ini merupakan langkah hemat yang terbaik, karena Anda bisa menghemat uang sewa kantor, tarif bisnis dan ongkos perjalanan sehari-hari.​

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini