Sukses

Kreatif, Ini 6 Bentuk Surat Lamaran Kerja Terunik

perlu usaha keras agar lamaran yang Anda kirimkan bisa benar-benar diingat oleh pihak perusahaan

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada yang bisa menjamin surat lamaran kerja yang Anda kirim bisa mendapat perhatian penuh dari pihak perusahaan. Faktanya, survei CarrerBuilder menunjukkan 40 persen HRD perusahaan hanya menghabiskan kurang dari 60 detik untuk memeriksa lamaran kerja seseorang.

Untuk itu, perlu usaha keras agar lamaran kerja yang Anda kirimkan bisa benar-benar diingat oleh pihak perusahaan. Hal inilah yang dilakukan oleh 6 orang berikut. Mereka bisa membuat lamaran kerja sangat kreatif sehingga membuat pihak HRD terkesan.

Berikut enam bentuk lamaran kerja terunik melansir laman CNBC, Selasa (7/3/2017)

1. Kotak pizza

Seorang desainer dari Brisbane, Australia Zvina Luke memutuskan untuk melamar kerja dengan bentuk surat kerja yang tidak biasa. Jika biasanya lamaran kerja hanya dikirim dalam bentuk surat atau email, Luke justru membuat miniatur pizza.

Sebagai topping pizza ia membuat berbagai logo software yang ia bisa kuasai. Ia juga mendeskripsikan kemampuan dan riwayat pendidikan di struk belanja.

2. Kotak donat

Pakar pemasaran asal Lithuania Lukas Yla mengirim surat lamaran dalam sebuah kotak berisi donat. Ketika membuka kotak tersebut, bagian HRD akan membaca tulisan, "kebanyakan resume akan berakhir di tempat sampah, punyaku.... di perut Anda."

Dan benar saja. Usaha kreatifnya membuahkan hasil. Setelah mengirimkan 40 kotak donat ke berbagai perusahaan,ia berhasil dipanggil wawancara di 10 perusahaan, dan hingga kini masih dalam proses wawancara oleh beberapa perusahaan lain.

3. Ipad

Fotografer Joshua Barnatt membuat surat lamarannya dalam bentuk Ipad yang dibuatnya dengan kardus. Dalam ipad tersebut terlihat tampilan situs yang menjelaskan berbagai pencapaian yang telah ia lakukan serta penjelasan bagaimana nantinya foto karyanya bisa ditampilkan dalam sebuah situs.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ipad

 

4. Mainan basket mini

Partners+Napier

Ide kreatif lainnya dilakukan oleh Taira Perrault. Demi bisa menggaet hati sang bos, Taira memasukkan surat lamarannya dalam sebuah mainan basket mini yang ia buat sendiri. Hal ini dilakukannya karena ia tahu bos perusahaan tersebut sangat suka bermain basket.

Berkat lamaran kerjanya yang unik, Taira pun mendapat pekerjaan di perusahaan tersebut sebagai Associate Art Director.

5. Botol sampo

Penata rambut dari Colorado, Amerika Serikat Jessica Nitti-Mahoney membuat lamaran kerjanya dalam bentuk kemasan sampo. Tentu, hal ini mampu menarik minat kliennya. Salah satu kliennya bahkan memasukkan lamaran kerja Jessica ke media sosial.

6. Miniatur lego

Lego Resume

Desainer Emily Kuret mengirim lamaran kerja dalam bentuk miniatur lego yang berbentuk dirinya. Bersama dengan miniatur lego tersebut ia juga memberikan flashdisk yang berisi resume dan portfolio.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.