Sukses

Hindari 6 Kebiasaan Buruk Saat Sedang Memiliki Uang

Salah satu kebiasaan buruk orang saat memiliki dan memegang uang, kebanyakan bingung akan menempatkan di mana uang tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu kebiasaan buruk orang saat memiliki dan memegang uang, kebanyakan bingung akan menempatkan di mana uang tersebut. Hal ini berakibat Anda tak bisa menabung dan gaji hanya numpang lewat, tak cukup sampai akhir bulan.

Berikut ini beberapa kebiasaan buruk seseorang saat menempatkan uang mereka:

1. Tidak Memiliki Dana Darurat

Dana darurat merupakan keharusan. Semua orang tahu belanja adalah hal yaang menyenangkan daripada memiliki uang di rekening tabungan. Namun, di saat krisis dana darurat akan membuat seseorang memiliki pikiran yang tenang.

Untuk membuat ini jadi kebiasaan, sisihkan minimal 5 persen dari penghasilan bulanan yang di dapat untuk ditabung. Lakukan hal ini secara berlanjut, setidaknya setara dengan memiliki gaji  selama 3 bulan.

2. Memakai saldo yang ada di kartu kredit

Untuk melindungi uang dari tambahan utang yang ada,  sebaiknya jangan tambah lagi utang yang ada di kartu kredit. Tutup atau cicil saja secara rutin tiap bulan utang yang ada saat ini. Memang dibutuhkan kedisiplinan  untuk melakukannya, tetapi ini merupakan kebiasaan baik secara finansial.

3. Tak Menyiapkan Dana Pensiun

Bagi sebagian orang prinsip hidup hanya untuk saat ini dan menjalani apa yang ada, sebenarnya merupakan masalah. Mulailah berpikir tentang kondisi keuangan di masa depan. Cobalah memvisualisasikan diri saat berumur 70 tahun, kemudian bayangkan bagaimana hidup bisa berjalan seperti saat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak mengecek pengeluaran



4. Tak mengecek pengeluaran

Terkadang sebagian orang tidak mengecek pengeluarannya saat berbelanja. Padahal mengecek setiap pengeluaran uang merupakan hal penting dan butuh kedisiplinan diri.

Jika kita tidak mengetahui ke mana saja uang yang dibelanjakan setiap bulannya, maka hal itu akan membuat seseorang tidak sadar  apakah sudah menghabiskan banyak atau tidak.

5. Tidak berhemat

Gaya hidup yang boros dapat membuat kondisi keuangan Anda memburuk. Berhematlah, paskah penguluaran yang tidak dibutuhkan agar kondisi keuangan Anda stabil.

6. Tidak berinvestasi

Saat sedang mempunyai uang, cobalah untuk berinvestasi. Karena dapat membuat Anda memiliki passive income yang menambah kekayaan Anda. Dari pada menghamburkan uang atau menyimpannya saja.

Hindari kebiasaan tersebut jika keuangan Anda ingin tetap stabil. Semoga bermanfaat..

Mau Baca Tips Bisnis dan Karir Lainnya Dari Tung Desem Waringin? Silakan klik belajar.me

Baca Juga: 5 Hal Sederhana Ini Memberikan Efek Besar Pada Kesuksesan Bisnis Anda, Cek di sini.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.