Sukses

Sebelum Investasi, Perhatikan 3 Hal Ini Dulu

Untuk mendapatkan kesuksesan keuangan di masa depan yang perlu Anda lakukan adalah mulai belajar untuk berinvestasi.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak ingin menjadi kaya? Tentu semua orang ingin menjadi orang kaya. Menikmati hari tua, dengan bersenang-senang melakukan hal yang Anda inginkan tanpa bingung memikirkan tagihan.

Nah, untuk mendapatkan kesuksesan keuangan di masa depan yang perlu Anda lakukan adalah mulai belajar untuk berinvestasi. Investasi merupakan hal penting, karena menabung saja tidak cukup. Berinvestasi akan membantu Anda untuk menghadapi inflasi di masa yang akan datang.

Anda bisa berinvestasi dengan cara seperti, membeli emas, membuka tabungan deposito, atau membeli saham. Nah, sebelum Anda menginvestasikan uang yang Anda miliki lebih baik perhatikan 3 hal berikut ini seperti dikutip dari Laruno.com:

1. Miliki Dana Pensiun

Meskipun perusahaan menjamin dana pensiun, bukan berarti Anda tidak perlu memikirkannya. Mulai sekarang pikirkan untuk memiliki dana pensiun.

Jika Anda akan pensiun 20 tahun ke depan, pastikan kamu memiliki tabungan 20 kali gaji kamu saat ini dan jangan lupa untuk mengalikan 10 untuk nilai inflasi 20 tahun ke depan. Memiliki dana pensiun akan membuat Anda lebih tenang menghadapi masa pensiunmu.

2. Memiliki Dana Darurat

Anda boleh memikirkan untuk investasi setelah memilki dana darurat minimal selama 6 bulan. Mengapa hal ini penting? Karena uang yang telah Anda investasikan tidak dapat kembali dengan cepat.

Investasi tujuannya adalah jangka panjang, maka untuk mengantisipasi adanya hal yang tidak Anda inginkan, penting untuk memilki dana cadangan selama 6 bulan ke depan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak punya utang


3. Pastikan Anda tidak punya Utang

Sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi, pastikan terlebih dulu Anda tidak memiliki utang. Jika Anda saat ini masih memiliki tanggungan lebih baik fokus untuk membayar tanggungan Anda. Belum mampu melunasi utang-utang berarti Anda belum sanggup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda.

Bagaimana Anda mampu memikirkan investasi jika memenuhi kebutuhan pokok saja tidak sanggup. Merencanakan keuangan sejak dini sangat penting. Hidup tanpa rencana tidak akan berjalan dengan menyenangkan. Jadi bagaimana sudahkah Anda siap untuk berinvestasi hari ini?

Mau Baca Tips Bisnis dan Karir Lainnya Dari Tung Desem Waringin? Silakan klik belajar.me.
Baca Juga: 5 Hal Sederhana Ini Memberikan Efek Besar Pada Kesuksesan Bisnis Anda, klik di sini.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini