Sukses

8 Tips Gelar Pernikahan Sederhana dengan Dana Terbatas

Pernikahan tak selalu harus menelan biaya hingga ratusan juta rupiah.

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan selalu identik dengan tempat dilaksanakanya resepsi pernikahan tersebut. Jika diselenggarakan di hotel, maka akan memerlukan budget yang cukup besar. Namun, bila diselenggarakan di rumah atau gedung, maka budget-nya akan lebih murah dibandingkan di hotel.

Pernikahan tersebut juga tergantung dari dana yang disiapkan oleh kedua calon pengantin, yang umumnya memang membutuhkan budget yang tinggi.

Saat keadaan keuangan masih belum maksimal, terkadang orang bisa menunda pernikahanya, hanya karena ingin melangsungkan pernikahan yang cukup mewah. Padahal, pernikahan tetap dapat dilangsungkan walaupun dengan budget yang sederhana.

Mempersiapkan dana untuk pernikahan, idealnya 2 hingga 3 tahun sebelumnya. Sebaiknya persiapkan konsepnya terlebih dulu, siapa tahu pernikahan yang low budget bisa anda lakukan.

Berikut ini ada beberapa tips untuk mempersiapkan pernikahan yang sederhana dan low budget seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Masalah Tempat

Tempat adalah faktor yang penting yang harus dipikirkan sebelum terjadi sebuah pernikahan. Jika memang memiliki budget yang terbatas, sebaiknya memilih tempat tinggal untuk melangsungkan resepsi pernikahan tersebut.

Selain lebih murah, tidak ada persyaratan tertentu yang diwajibkan untuk bisa menempatinya. Atau Anda bisa menyewa aula atau gedung serbaguna di sekitar lingkungan tempat tinggal. Buatlah dekorasi semenarik mungkin agar terkesan menarik dan tetap nyaman.

2. Para Tamu

Sebisa mungkin, buatlah daftar tamu tertentu yang memang secara pasti akan diundang. Utamakan untuk mengundang tamu yang cukup dekat dengan calon mempelai dan keluarga besarnya.

Kemudian lakukan perhitungan undangan dan juga biaya katering. Misalnya Anda sudah membuat daftar tamu sebanyak 250 orang, itu berarti katering yang tersedia untuk 500 porsi.

3. Katering dan Tenda Pernikahan

Pernikahan juga memerlukan adanya jasa katering dan tenda pernikahan. Untuk hal ini, Anda bisa meminta bantuan kepada teman yang mungkin ahli memasak atau juga memiliki usaha catering dan penyewaan peralatan makan serta tenda untuk pernikahan.

Siapa tahu, Anda bisa mendapat diskon yang besar karena menggunakan jasa kateringnya. Jika budget yang ada benar-benar terbatas, Anda bisa berkreasi dengan menggunakan peralatan seadanya, namun dibuat menarik agar tercipta suasana pernikahan seperti umumnya. Mintalah bantuan teman yang ahli dekorasi dan sebagainya.

Acara

4. Acara

Sebaiknya, gabungkan prosesi akad nikah dengan resepsi dalam satu hari. Hal ini dilakukan untuk menghemat uang Anda dari sisi tata rias dan juga katering. Adanya acara adat yang berlangsung umumnya, sebenarnya bisa diminimalisir atau dihilangkan jika memang anggaran terbatas.

5. Undangan dan Souvenir

Saat ini ada berbagai macam jenis kartu undangan yang menarik namun sederhana. Anda bisa memilih jenis kartu undangan seperti itu, mengingat kartu undangan hanya digunakan sekali saja.

Kemudian tentang souvenir pernikahan, pilih jenis souvenir yang bermanfaat dan harganya terjangkau. Anda bisa membelinya di tempat grosir souvenir khusus pernikahan.

6. Baju Pengantin, Mahar dan Hantaran

Hindari membuat dan menjahit sendiri baju pengantin anda, jika memang budget yang dimiliki sangat terbatas. Pakaian pengantin hanya digunakan sekali saja, sebaiknya manfaatkan jasa sewa pakaian pengantin di sekitar lingkungan tempat tinggal.

Jika sewa tersebut juga memberikan paket rias pengantin, maka ini akan jauh lebih hemat dibandingkan memesan jasa make up tersendiri. Soal mahar dan hantaran, sebaiknya dibicarakan dengan pihak keluarga terkait.

Idealnya mahar berupa emas, alat solat dan uang tunai yang dibayar secara tunai juga. Untuk hantaran, sebaiknya berupa barang-barang yang diperlukan pengantin wanita saja.

Panitia

7. Panitia

Anda bisa meminta teman–teman untuk ikut berpartisipasi dalam pernikahan ini, menjadi pengatur acara pernikahan Anda. Teman yang memiliki hobi fotografi mungkin bisa membantu untuk masalah foto dan video pernikahan. Sementara yang lainya juga memegang tugas masing-masing untuk melancarkan acara pernikahan tersebut.

8. Hiburan

Coba untuk mencari jenis hiburan yang simpel namun tetap berkelas. Siapkan alat musik sederhana seperti gitar atau keyboard dan biarkan teman-teman atau tamu Anda berpartisipasi untuk meramaikan acara pernikahan tersebut. Tidak usah menyewa alat band yang hanya akan membuat budget menjadi lebih besar.

Bijaksana Mempersiapkan Budget Pernikahan dan Fokus Setelah Menikah

Bijaksanalah dalam menggunakan budget yang dimiliki untuk melangsungkan pernikahan Anda. Selain itu, sebaiknya Anda juga lebih fokus untuk kehidupan setelah menikah.

Akan ada banyak kebutuhan dan pengeluaran nantinya. Oleh karena itu pandailah dalam mengatur keuangan untuk budget pernikahan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini