Sukses

Sewa 360 Mobil Mewah di Bali, Raja Salman Habiskan Uang Berapa?

Kedatangan Raja Arab Saudi beserta rombongan ke Bali untuk berlibur membawa angin segar bagi sektor pariwisata.

Liputan6.com, Jakarta - Kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud beserta rombongan ke Bali untuk berlibur membawa angin segar bagi sektor pariwisata, termasuk juga bisnis penyewaan mobil di Pulau Dewata tersebut.

Ketua Asosiasi Agen Perjalanan Wisata Indonesia (AS‎ITA) Provinsi Bali Ketut Ardana mengatakan, Raja Salman beserta rombongannya menyewa sekitar 360 unit mobil selama berlibur di Bali. Mobil yang disewanya pun tergolong kendaraan mewah dari berbagai macam jenis.

"‎Saya tidak punya angka totalnya (nilai sewa mobil). Tapi total kendaraan 360 unit kendaraan, ada bus juga yang besar-besar," ujar dia kepada Liputan6.com di Jakarta, Kamis (‎9/3/2017).

Sejumlah merek mobil mewah yang disewa oleh rombongan Raja Salman antara lain Toyota Alphard, Mercedes E Class, Mercedes S Class, Toyota Land Cruiser dan lain-lain. Tidak main-main, harga sewa kendaraan ini pun dipatok mulai Rp 2 juta hingga Rp 25 juta per hari.

"Kalau kendaraan, misalnya Alphard itu Rp 2 juta-Rp 2,5 juta per hari, Mercy E Class ada 200 unit juga sama. Kecuali Mercy S Class itu sampai Rp 20 juta-Rp 25 juta per hari, ‎ada juga Land Cruiser sama seperti itu," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Raja Salman beserta rombongan telah memutuskan untuk memperpanjang masa liburannya di Bali. Perpanjangan liburan di Pulau Dewata ini hingga 12 Maret dari rencana awal 9 Maret 2017. Diperkirakan Raja Salman akan kembali menghabiskan uang Rp 25 miliar per hari.

"Perpanjangan itu akan menelan dana Rp 25 miliar per hari," kata Ketua Umum ASITA, Asnawi Bahar.

Jika dihitung penambahan masa liburan Raja Arab Saudi selama tiga hari di Bali, maka total uang yang akan dihabiskannya bersama rombongan sekitar Rp 75 miliar. "Orang Arab memang suka pantai. Turis Arab kelas atas bisa stay di hotel bintang 5 sampai 2 minggu," ucap Asnawi.

Asnawi Bahar sebelumnya memperkirakan pengeluaran Raja Salman selama berada di Indonesia dalam kurun waktu 1-9 Maret mencapai Rp 250 miliar. "Sebelumnya saya bilang Rp 150 miliar, tapi setelah saya hitung lagi, uang yang dihabiskan Raja Salman dan rombongannya di Indonesia mencapai Rp 250 miliar," kata Asnawi.

Dia merinci, dari perkirakan pengeluaran Raja Arab SAudi di Indonesia sebesar Rp 250 miliar, senilai Rp 150 miliar akan dihabiskan di Bali untuk berlibur mulai dari 4-9 Maret 2017. (Dny/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini