Sukses

Hadapi Mudik Lebaran, KAI Datangkan 3 Rangkaian Kereta Baru

KAI tengah melakukan kalkulasi mengenai kemampuan perusahaan dalam melakukan penambahan volume angkut saat menghadapi musim mudik.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) tengah melakukan kalkulasi mengenai kemampuan perusahaan dalam melakukan penambahan volume angkut saat menghadapi musim mudik lebaran 2017.

Direktur Utama KAI Edi Sukomoro menjelaskan pihaknya memastikan akan ada beberapa penambahan rangkaian kereta baru demi menampung lonjakan para calon pemudik tahun ini.

"Ada tiga train sett yang akan datang dari INKA. Kereta sudah beli dari dalam negeri, dari INKA," tegas Edi di Stasiun Gambir, Kamis (9/3/2017).

‎Menurutnya, tidak ada jalan lain untuk saat ini jika ingin meningkatkan volume angkut selain penambahan rangkaian atau gerbong kereta. Mengingat saat ini KAI sudah menerapkan sistem one man one seat.

Tiga kereta baru ini nantinya akan memiliki kelas yang berbeda-beda, mulai dari kelas Eksekutif (K1) hingga kelas Ekonomi (K3). Kereta baru ini akan dialokasikan untuk rute-rute jarak jauh yang banyak diminati para calon penumpang.

"Sebelum tanggal 17 (Maret) akan kita umumkan nanti. Peningkatan penumpang saat mudik tahun ini perkiraan seperti biasa, 4-6 persen," tegas dia.

Mengenai pemesanan tiket, Edi memastikan pada 17‎ Maret, para calon pemudik sudah bisa memesan perjalanan kereta api untuk H-10 lebaran 2017. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.