Sukses

5 Camilan Murah Meriah yang Bisa Bikin Makin Sehat

Mumpung baru memasuki Maret 2017, yuk mulai terapkan resolusi sehat sekaligus #SemangatHemat2017 dengan mengganti camilan.

Liputan6.com, Jakarta - Pada jam-jam krusial kantor, saat rasa kantuk dan lapar selepas makan siang mulai menyerang, apa yang Anda lakukan? Pasti ngemil, kan? Ngemil itu, memang enak dan tidak berdosa, kok. Namun, lihat-lihat dulu nih, camilan andalan Anda apa. Kalau ternyata tinggi kalori, lemak, dan gula, tapi tidak mengenyangkan, harus diganti, tuh!  

Mumpung baru memasuki Maret 2017, yuk mulai terapkan resolusi sehat sekaligus #SemangatHemat2017 dengan mengganti camilan! Berikut 5 camilan murah meriah plus sehat, yang wajib Anda masukkan ke daftar belanjaan, seperti dikutip dari [Tunaiku](https://www.tunaiku.amarbank.co.id/ ""), seperti ditulis Sabtu (11/3/2017):

1. Pisang, buah tropis kaya karbohidrat dan kalium

Buah tropis satu ini memang punya segudang manfaat di balik kulitnya yang kuning cerah. Kandungan gizi utamanya yang berupa kalium, potasium, dan antioksidan seperti dopamin dan catechin, terbukti melindungi jantung, bahkan berpengaruh langsung ke mood-mu, alias bikin kamu bahagia. Dari pada sore-sore badmood nungguin klien, mending nyemil potongan pisang deh. Pssst, bisa juga didinginkan dulu di kulkas kantor supaya makin enak.

2. Rujak buah, asem segar

Sore-sore biasanya ingin yang asem-asem segar supaya melek. Kayaknya sih,tidak ada yang bakal nolak sepiring rujak buah dengan cocolan sambal yang pedas dan gurih. Supaya makin mantap, pilih buah-buahan yang segar dan tidak terlalu manis, yaitu mangga, jambu, kedondong, dan pepaya mengkal. Dalam satu piring rujak, lumayan lho asupan serat, vitamin A, B, C, Kalsium,  dan lain-lain. 

3. Biskuit gandum, garing-garing bikin kenyang

Kalau Anda lebih suka camilan dengan tekstur garing dan asin, biskuit gandum patut dijadikan pilihan praktis. Karena kaya serat dan kalori, biskuit gandum membuat Anda kenyang lebih  lama.  Biskuit gandum juga kaya akan kalisum, folic acid, zat besi, vitamin A, B6, dan E juga lho. Makanya, cocok untukmu yang bermaksud diet tanpa harus tersiksa rasa lapar berlebihan. Harganya tidak lebih dari Rp 10 ribu, di supermarket terdekat.

4. Susu kedelai, sebagai alternatif susu sapi

Kalau Anda adalah seorang vegetarian atau memang alergi susu sapi, pertimbangkanlah untuk mengonsumsi susu kedelai. Karena dibuat dari kacang kedelai yang digiling dan direbus, secara alami susu kedelai pun bebas kolesterol, rendah lemak jenuh, dan tidak mengandung laktosa.  Perempuan yang minum susu kedelai setiap hari memiliki risiko osteoporosis 56 persen lebih rendah dibandingkan dengan yang enggak. Wah, boleh nih dicoba.  


5. Jus buah, pelepas dahaga sekaligus sumber serat

Jus buah tidak hanya menyegarkan tenggorokan, tapi juga menjadi alternatif favorit asupan vitamin dan serat. Dengan jus, kita memperoleh kebaikan buah, vitamin, serat, kalsium, dan nutrisi lainnya, dengan cara yang lebih praktis.  Namun ingat, untuk mendapatkan manfaat terbaiknya, mengonsumsi jus pun ada kiatnya, lho. Misal, tidak menyimpan jus dalam waktu lama karena kandungan gizinya dapat rusak atau mencampurkan gula terlalu banyak.   

Nah, itulah dia 5 camilan murah meriah sekaligus bikin sehat yang bisa kamu contek. Setelah membaca artikel ini, kamu jadi pengen nyemil tidak?

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini