Sukses

Bank Mandiri Lahirkan 22 Pengusaha Lewat Wirausaha Muda Mandiri

Liputan6.com, Bogor - Bank Mandiri kembali melahirkan 22 pelaku usaha muda potensial, tangguh dan profesional melalui kegiatan Kompetisi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2016.

Selain 22 pemenang, WMM 2016 juga menghimpun 5.064 calon pebisnis yang tercatat mengikuti proses penyisihan ajang tahunan ini.

Sebagai pemenang, 22 peserta memperoleh penghargaan WMM serta menerima uang pembinaan senilai Rp 50 juta untuk masing-masing juara I dan Rp 40 juta untuk setiap juara II, serta Rp 160 juta untuk juara best of the best dan juara favorit.

Di samping uang pembinaan, para pemenang juga akan memperoleh bantuan pengembangan bisnis serta pendampingan dalam pengelolaan keuangan dan pemasaran.  Penghargaan pemenang diserahkan langsung di Graha Widya Wisuda IPB Dramaga, Bogor, Sabtu (11/3/2017).

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengatakan, para pebisnis muda ini akan semakin memperkuat kewirausahaan nasional.

Ia menyatakan, saat ini Indonesia masih tertinggal jauh dibandingkan dengan negara lain. Oleh karena itu, Indonesia perlu mencetak lebih banyak pengusaha muda yang mandiri. Ada program ini, lanjut Puspayoga, akan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, program WMM yang mendukung pengembangan industri sejalan dengan program Kementerian BUMN, yakni Rumah Kreatif BUMN. Oleh karena itu, perlu didukung agar dapat menciptakan lapangan kerja baru.

"WMM dan Rumah Kreatif BUMN perlu terus disinergikan melalui keterlibatan alumni program WMM sebagai mentor pendamping," ujar Rini.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, pelaksanaan program WMM diharapkan mampu memberikan inspirasi bagi generasi muda untuk menjadi generasi yang dapat menciptakan lapangan kerja yang peduli dan mau berkontribusi dalam pembangunan.

"Ini tentu jadi suatu kebamggaan karena dapat melipatgandakan jumlah pelaku usaha di Tanah Air," ujar Kartika.

Sejak pertama kali digelar pada 2007, program tersebut telah di ikuti 36.000 pengusaha di seluruh Indonesia dan telah berhasil memberikan manfaat kepada lebih dari 45.000 individu.

Diharapkan, para alumnus WMM juga bisa menjadi agen inspirator untuk mendukung penciptaan 1.000 digital start up dan program Rumah Kreatif BUMN.

Sementara itu, para pemenang wirausaha muda mandiri kali ini merupakan hasil seleksi dari 88 finalis Wirausaha Muda Mandiri (WMM) dalam lima kategori, yakni kategori bidang usaha boga, bidang usaha industri, jasa dan perdagangan, bidang usaha kreatif, bidang usaha sosial, dan bidang usaha teknologi. 

1 dari 2 halaman

Para Pemenang

Para Pemenang

Para pengusaha muda yang tampil sebagai juara kompetisi WMM 2016 tersebut berhasil menyisihkan 88 finalis nasional yang disaring dari 5.064 pendaftar.

Sejak pertama kali digelar pada 2007, program tersebut telah diikuti 36 ribu pengusaha di seluruh Indonesia dan telah berhasil memberikan manfaat kepada lebih dari 45 ribu individu.

Diharapkan, para alumnus WMM juga bisa menjadi agen inspirator untuk mendukung penciptaan 1.000 digital start up dan program Rumah Kreatif BUMN.

Pada program WMM kelompok Mahasiswa, tampil sebagai pemenang I Kategori lndustri, Perdagangan dan Jasa adalah Aesta Fajar (Alra Makmur Cahaya Selaras Usaha Tas Kulit dan Kanvas) dari Universitas lslam lndonesia, pemenang ll adalah Jelsy Meivira (D’Jr Maquette Maket Disain Gedung 3D) dari Universitas Tanjungpura.

Sementara pemenang l Kategori Boga diberikan kepada Patria Prima Putra (Brownies Manten Brownies Sehat Tanpa Pengawet) dari Universitas Jambi, dan pemenang II Kategori Boga diberikan kepada Muhammad Rofif Amrullah (Gendhang Ganteng Group Produk Olahan Pisang) dari Politeknik Negeri Malang.

Pada Kategori lndustri Kreatif, pemenang I jatuh kepada kepada Imam Arief Winarta (PAPCASE Casing Handphone Bahan Kertas) dari Universitas Sriwijaya, dan pemenang II Kategori Industri Kreatif diberikan kepada Vania erlita Pratomo (Verlita Baby Wear and Toys Produk Stimulasi Dakain dan Mainan Anak) dari Universitas Ciputra.

Pemenang wirausaha muda mandiri

Untuk program WMM kelompok pascasarjana dan alumni, pemenang l Kategori Industri, Perdagangan dan Jasa diberikan kepada Ahmed Tessario Eka Nuramanta (Sirtanio Organik Indonesia -Beras Organik Seblang) dari ITS Surabaya, dan pemenang II diberikan kepada Florentina Jeanne Sutanto (Nonaku Desain IndonesiaKonveksi dan Supplier Fashion) dari Universitas Tarumanegara.

Lalu, juara I Kategori Boga yang diraih oleh Erik Mursidi Utomo (Ayam Bakar Pak "D” Resto Ayam Bakar) dari Universitas Airlangga, dan jawara II adalah Melanny.SE (Aroma Cake Buah Naga) dari STT lbnu Sina Batam.

Sementara, predikat terbaik I di Kategori lndustri Kreatifdiberikan kepada Devi Raissa Rahmawati (Lobang Kelinci Indonesia Buku edukasi Bayi) dari Universitas Indonesia, dan predikat terbaik II di Kategori Industri Kreatif diberikan kepada lntan Sari (Intan Songket Kain Tenun Sumatera) dari Universitas Sriwijaya.

Selajutnya untuk program WMM bidang usaha Teknologi Kategori Digital, pemenang I diberikan kepada Amara Nova Susanto (PT Ion Smart Teknologi Smart Home Apps) dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, dan pemenang II diberikan kepada Ahyar Muawwal (WASDLABS Wahana Swafoto dengan implementasi internet of things) dari Universitas Hasanudin.

Juara I bidang usaha Teknologi Kategori Non Digital diraih oleh Hendra (Aquatech Teknologi Penetasan Telur Lobster) dari Universitas Brawijaya, dan juara II adalah Yogha Pranata Atmaja (Biogas Dispenser) dari Universitas Brawijaya.

Sementara, predikat terbaik I di bidang usaha Teknologi Kategori Digital Fintech diberikan kepada Iodhi Prasunu Palgunadi (Akun.biz Aplikasi keuangan sederhana) dari Universitas SebeIas Maret, dan predikat terbaik II diberikan kepada Sunaryono (AIPOS Aplikasi kasir yang memiliki artificial intelligence) dari Universitas Dian Nuswantoro.

Terakhir, program WMM bidang usaha sosial, tampil sebagai pemenang I adalah Andi Hilmy Mutawakkil (CV Garuda Energi Nusantara -Sociopreneur pengolahan bahan bakar ramah Iingkungan) dari Universitas Negeri Makassar, dan pemenang II adalah Juni Kuswanto (BJSC Aquagro Mandiri Sociopreneur pengolahan Iimbah industri) dari Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Adapun kategori khusus pada kompetisi ini adalah kategori Best of The Best WMM 2016 dimana Juara I diraih oleh Devi Raissa Rahmawati (Lobang Kelinci Indonesia Buku Edukasi Bayi) dari Universitas Indonesia dan Juara ll jatuh kepada Hendra dengan Aquatech Teknologi Penetasan telur Lobster dari Universitas Brawijaya.

Lalu, kategori khusus untuk Best Favorit WMM 2016, pemenang I direbut oleh Erik Mursidi Utomo (Ayam Bakar Pak “D” Resto Ayam Bakar) dari Universitas Airlangga dan pemenang II adalah Hardin (Rumah Ikan Balerakko) dari Makassar.

Artikel Selanjutnya
KAI Buka Lowongan Kerja buat Lulusan SMA, Tertarik?
Artikel Selanjutnya
Berhasil Kurus, Orangtua Hadiahi Anak Operasi Plastik Rp 86 Juta