Sukses

Bill Gates Nilai Buku Non Fiksi Ini yang Terbaik

Bill Gates memiliki kebiasaan membaca buku selama satu jam setiap malam.

Liputan6.com, Jakarta - Bill Gates memiliki kebiasaan membaca buku selama satu jam setiap malam. Jadi Bill Gates meluangkan waktu untuk membaca sejumlah buku yang bagus.

Bagi pendiri Microsoft ini, ada buku baru terbit yang telah menarik perhatian dirinya. Bahkan buku itu mendorong dirinya meneteskan airmata. Buku itu berjudul "When Breath Becomes Air".

Buku itu sebuah memoar dari penulis dan ahli bedah syaraf Paul Kalanithi. Buku tersebut diterbitkan usai Kalanithi tutup usia karena kanker paru-paru pada pada 2015. Saat itu ia berusia 37 tahun.

Dalam isi buku tersebut mencerminkan apa yang dijalani dalam kariernya, dan berupaya menjawab pertanyaan "apa yang membuat hidup layak dijalani?".

"Saya bisa mengatakan ini adalah kisah nonfiksi terbaik yang pernah saya baca dalam waktu lama," ujar Gates dalam blognya, seperti ditulis CNBC, Minggu (12/3/2017).

Kalanithi lulus dari universitas Stanford baik sarjana dan magister dalam bidang sastra. Ia juga mendapatkan gelar sarjana human biology. Tak hanya itu ia juga menerima gelar magister dari ilmu filsafat dan kedokteran Cambridge hingga akhirnya mendapatkan gelar dari universitas Yale.

Saat menjalani praktik di universitas Stanford, ia memenangkan penghargaan the American Academy of Neurological Surgery's untuk penelitiannya.

Bill Gates menuturkan, dirinya terinspirasi dari Kalanithi yang haus akan ilmu pengetahuan, karier dan keberaniannya. Ia pun menemukan detil yang memilukan ketika menghabiskan hari terakhir bersama istrinya Lucy dan putrinya Cady.

"Buku ini memiliki banyak lapisan makna dan penjajaran menarik termasuk kehidupan dan kematian, pasien dan dokter, anak dan ayah, keluarga, keyakinan dan alasan," tulis Gates.

Ia mengakui kalau dirinya tak terbisa meneteskan air mata. Namun Gates seakan ditarik lewat pencarian Kalanithi lewat bukunya mengenai ilmu pengetahuan, keluarga, obat-obatan, dan operasi. "Saya yakin akan membaca lagi buku When Breath Becomes Air Again," ujar Gates.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.