Sukses

Tempat Parkir Termahal di Dunia, Berapa Harganya?

Liputan6.com, Jakarta - Keterbatasan lahan kini makin menjadi permasalahan yang banyak dikeluhkan oleh orang. Hal ini akhirnya berimbas pada terbatasnya lahan yang bisa digunakan untuk keperluan tertentu.

Di kawasan Park Slope, Brooklyn, Amerika Serikat dijual sebuah tempat parkir di gedung bertingkat dengan harga sangat mahal. Melansir Odditycentral, Rabu (14/3/2017) untuk mendapat tempat parkir di sana Anda harus merogoh kocek hingga US$ 300 ribu atau setara dengan Rp 4,01 miliar (kurs 1 US$ = Rp 13.362).

Brooklyn memang dikenal sebagai salah satu daerah di New York yang banyak dijadikan sebagai pusat tempat tinggal dan bisnis. Gedung parkir yang dinamakan Parking Garage Condo tersebut berada di Jalan 845 Union Street.

Untuk bisa mendapatkan tempat parkir ini, ternyata ada beberapa biaya tambahan yang harus dikeluarkan. Pembeli harus membayar biaya perawatan bulanan beserta pajak sebesar Rp 3,8 juta per bulan.

Sebelum memiliki harga mahal seperti sekarang, gedung parkir ini pertama kali dipasarkan dengan harga yang cukup terjangkau. Namun karena posisinya yang berada dekat gedung perkantoran dan pertokoan harga gedung parkir ini terus melejit.

“Sekitar 30 tahun yang lalu harga tempat parkir di sini hanya sekitar Rp 388 juta. Namun harganya pun semakin melangit seiring dengan banyaknya pemilik garasi parkir yang menjual lahan mereka kepada pengembang properti. Para pembeli tempat parkir di 845 Union Street yang bisa menampung 300 mobil ini juga diharuskan membayar pajak per bulan sebesar Rp 683 ribu ditambah biaya perawatan sebesar Rp 3,21 juta per bulan,” tutur sang pemilik lahan parkir, Howard Pronsky.