Sukses

Perhatikan 4 Hal Ini Agar Tak Boros Saat Belanja

Belanja dan bersenang-senang boleh saja, asal tetap bijak dan cerdas.

Liputan6.com, Jakarta - Belanja bagi beberapa orang merupakan solusi yang tepat untuk menghilangkan stres. Namun jika dibiarkan pun tidak baik. Menuruti keinginan akan membuat Anda kehilangan kendali atas keuangan Anda.

Niatnya ingin menghilangkan stres, justru tambah stres karena menumpuknya tagihan dan saldo di tabungan yang menipis. Belanja dan bersenang-senang boleh saja, asal tetap bijak dan cerdas.

Berikut ini adalah 4 hal yang harus Anda perhatikan agar menjadi pembeli yang bijak seperti dari Laruno.com:

1. Mengontrol Pemakaian Kartu Kredit

Menyenangkan memang memiliki kartu kredit, tapi bukan menjadi alasan untuk membuat Anda menjadi boros. Meski kartu kredit banyak meberikan diskon dan berbagai fasilitas, Anda harus Batasi penggunaan kartu kredit Anda.

Gunakan kartu kredit memang disaat Anda butuh, dan segera bayar semua tagihannya. Jangan menunggu jatuh tempo untuk menghindari denda yang justru merugikan Anda.

2. Buat Daftar Belanja dan Patuhi

Sebaiknya sebelum Anda belanja, buat daftar belanja. Patuhi daftar tersebut dengan tidak belanja di luar daftar tersebut. Tidak perlu tergoda untuk membeli barang yang sebenarnya tidak Anda butuhkan dengan alasan diskon.

3. Tidak berbelanja yang tidak dibutuhkan

Jika Anda menemui diskon, tahan keinginan berbelanja Anda. Karena Anda akan cenderung menghabiskan uang Anda untuk hal yang tidak diperlukan.

Apabila barang tersebut merupakan barang yang benar-benar Anda butuhkan maka tidak ada salah nya membeli barang yang sedang diskon tersebut. Ingat kuncinya adalah membedakan kebutuhan dan keinginan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menyiapkan Anggaran



4. Menyiapkan Anggaran

Memiliki anggaran membuat Anda lebih disiplin dalam mengeluarkan uang. Mulai untuk disiplin dengan anggaran yang Anda miliki. Memiliki anggaran akan mengontrol uang Anda dalam berbelanja.

Berikut adalah cara bagiamana kita dapat menjadi pembeli yang bijak yang dapat mengontrol pengeluaran dengan baik. Semoga bermanfaat..

Mau Baca Tips Bisnis dan Karir Lainnya Dari Tung Desem Waringin? Silakan klik belajar.me
Baca Juga: 5 Hal Sederhana Ini Memberikan Efek Besar Pada Kesuksesan Bisnis Anda


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini