Sukses

2 Nama yang Dikabarkan Masuk Bursa Calon Bos Pertamina

Liputan6.com, Jakarta - Nama Elia Massa Manik dan Sukandar mencuat dalam bursa calon Direktur Utama PT Pertamina (Persero) menggantikan Dwi Soetjipto yang diturunkan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada 3 Februari kemarin.

Saat ini, Elia Massa Manik menjabat sebagai Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara III (Holding), sedangkan Sukandar masih menjabat sebagai Direktur Utama PT krakatau Steel Tbk (KRAS).  

Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN Edwin Hidayat Abdullah mengatakan, selaku pemegang saham dari Pertamina, Kementerian BUMN akan melakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada Kamis 16 Maret 2017. Dalam RUPS tersebut, salah satu agenda adalah pengangkatan Direktur Utama Pertamina.

"Pertamina akan RUPS besok. Liat saja nanti salah satu agendanya pengangkatan direktur utama. RUPS ditandatangani oleh Menteri BUMN. Kita baru mau meeting," kata Edwin, di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Rabu (15/3/2017).

Namun ketika ditanyakan sosok yang ditunjuk mengisi jabatan orang nomor satu di Pertamina adalah Elia Massa Manik, seperti kabar yang beredar. Edwin tidak bisa mengakui, dia menyarankan agar menanyakan langsung ke Menteri BUMN Rini Soemarno. "Itu sama ibu aja langsung. Aku belum dapat instruksi," ucap Rini.

Sedangkan Menteri BUMN Rini Soemarno memilih untuk tidak mengucapkan sepatah kata pun mengenai pergantian kepemimpinan di perusahaan migas terbesar di Indonesia tersebut. "No comment. No comment," ucap Rini.

Untuk diketahui, Sukandar lahir di Gresik pada 12 Agustus 1959. Ia menjabat sebagai Direktur Utama Krakatau Steel sejak 2 April 2015. Sedangkan jabatan sebelumnya adalah Direktur Keuangan untuk periode 2007 sampai dengan 2015.

Sukandar sempat menjabat berbagai posisi manajerial utama di bidang keuangan, termasuk sebagai VP dan Corporate Banking Head di Citibank NA cabang Surabaya, Managing Director PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) dan Direktur PT Humpuss.

Pria berkaca mata ini memperoleh gelar Sarjana Teknik Mesin dari Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya. Sebelum berkarir di bidang keuangan, beliau adalah seorang Petroleum Engineer di PT Caltex Pacific Indonesia.

Elia Massa Manik saat ini menjabat sebagai Direktur Utama PTPN III (Holding) sejak April 2016. Sebelumnya, menjabat sebagai Presiden Direktur PT Elnusa.

Elia memulai karier di PT Indofood Sukses Makmur (INDF), dan kemudian bergabung dengan Suez Group. Pada 2001, Elia meninggalkan Zuez dan bergabung dengan PT Kiani Kertas dan kemudian bergabung dengan PT Jababeka. (Pew/Gdn/Ndw)

Artikel Selanjutnya
Menteri Rini Soemarno Tunjuk Budiman Saleh Jadi Dirut PT PAL
Artikel Selanjutnya
Tanggapan Bos PLN soal Dirut Baru Pertamina