Sukses

7 Ide Membangun Bisnis Tanpa Harus Keluar Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Tak ada yang lebih nyaman dibanding rumah sendiri. Oleh karena itu banyak orang ingin bisa bekerja di rumah. Selain bisa memberikan kenyamanan, bekerja atau membuka bisnis di rumah jika bisa lebih fleksibel.

Bekerja di rumah bisa memberikan keuntungan yang besar. Namun dengan catatan, bisnis atau pekerjaan yang Anda jalani berada di jalur yang tepat. 

Mengutip Business News Daily, Sabtu (18/3/2017), berikut ini beberapa pekerjaan atau bisnis yang bisa Anda jalani dengan hanya berada di rumah:

1. Merawat hewan

Anda menyukai hewan? Sebarkanlah informasi kepada teman-teman jika Anda bisa menjaga hewan peliharaan mereka ketiga sedang ditinggal tugas ke luar kota atau sedang liburan keluarga. 

Biasanya, pemilik hewan akan merasa lebih nyaman jika hewan peliharaan mereka berada di tangan orang yang dikenal jika dibanding di penitipan hewan yang mereka tak ketahui perilaku pemiliknya. 

Jika rumah Anda memang memiliki tempat yang cukup, membuka bisnis hewan peliharaan bisa menjadi pilihan untuk memulai bisnis dari rumah. 

2. Desain aplikasi internet 

Penelitian membuktikan bahwa aplikasi di telepon pintar baik di android maupun di ios atau hanya sekesar mobile web browser bisa menunjang sebuah bisnis. Sayangnya, biasanya pemilik bisnis tak memiliki sebuah tim khusus yang bisa menciptakan aplikasi tersebut.

Nah, hal tersebut bisa menjadi kesempatan jika Anda memiliki kemampuan untuk membuat sebuah aplikasi internet. Anda bisa bekerja freelance dengan kontrak tertentu untuk mengembangkan aplikasi di sebuah perusahaan. 

Anda juga tak perlu pergi ke perusahaan tersebut untuk mengembangkan sebuah aplikasi. Cukup di kamar saja, Anda bisa mengembangkan aplikasi di android atau ios untuk sebuah perusahaan.

3. Menjual barang buatan tangan

Jika Anda memiliki bakar merajut, cobalah untuk membuat rajutan kecil-kecil seperti taplak meja, atau topi untuk bayi dan kemudian menjualnya ke teman-teman dekat. 

Atau jika Anda suka dengan perhiasan, Anda bisa mendesain sendiri kalung, gelang atau anting dari kombinasi bebatuan, perak atau tembaga. Lalu tawarkan ke teman-teman dekat Anda. 

Jika memang ingin memiliki pasar yang lebih besar, Anda bisa menawarkan barang-barang produksi sendiri di toko online. Saat ini sudah banyak toko online yang bisa dimanfaatkan.

Terapis pijat

4. Terapis pijat

Menjadi seorang terapis pijat memang memerlukan pelatihan yang tepat dan izin khusus. Namun jika Anda memang pemijat ulung dan ingin meniti karier di profesi tersebut maka Anda bisa memulainya dengan hanya di rumah. 

Anda bisa mengundang pelanggan Anda ke rumah tentu saja dengan membuat janji terlebih dahulu. Selain itu juga bisa mendatangi pelanggan setelah sebelumnya membuat janji dahulu. 

5. Pengajar musik

Jika Anda berbakat musik, maka menjadi pengajar musik bisa menjadi pilihan jika ingin membuka bisnis di rumah. Anda cukup menyiapkan peralatan dan mengiklannya di internet. Namun jika alat musik cukup kecil seperti gitar atau terompet maka siswa bisa membawanya sendiri. 

Melatih musik sebaiknya secara privat sehingga Anda bisa benar-benar mengawasi dan memantau perkembangan dari siswa. dalam sehari tak perlu banyak siswa, cukup tiga sampai empat dan masing-masing satu hingga dua jam saja. Hal tersebut cukup. 

Selanjutnya, untuk membuktikan hasil karya, Anda bisa meminta sekolah untuk menampilkan kemampuan dari siswa yang Anda latih. 

Desain Interior

6. Desain Interior

Jika Anda memahami desain dan memiliki gairah untuk dekorasi, membangun karier sebagai desain interior bisa menjadi jalan kesuksesan Anda. Untuk menjadi desain interior Anda tidak perlu pendidikan formal. Namun memang hasil karya Anda harus terlihat. 

Untuk membuktikan hasil karya, setidaknya Anda memasang atau memajang hasil desain di rumah sehingga klien bisa melihat dan menilai kerja Anda. 

Menjadi desain interior tak perlu menyewa ruko, dengan mengubah garasi di rumah menjadi galeri, Anda sudah bisa menjalankan bisnis tersebut.

7. Transkrip

Jika Anda seorang pengetik yang cepat dan pendengar yang cermat, maka menjadi seorang yang menanskrip sebuah praktik medis atau hasil sidang bisa Anda lakukan. 

Para dokter atau pekerja medis biasanya memang memerlukan jasa tersebut. Selain itu, jaksa atau pengacara juga memerlukan orang yang mengetik rekaman hasil sidang untuk dipelajari ulang. 

Nah, jika Anda memiliki komputer di rumah maka membuka jasa transkrip bisa menjadi pilihan untuk bekerja di rumah.  (Dian Ayu/Gdn)

 

Artikel Selanjutnya
4 Langkah Atur Uang bagi Anda Baru Pertama Kali Bekerja
Artikel Selanjutnya
Top 3: Kelola Gaji Pas-pasan Lewat Cara Ini