Sukses

Ingin Mulai Bangun Bisnis? Simak 10 Hal Ini Dulu

Liputan6.com, Jakarta - Membangun sebuah bisnis adalah usaha besar. Untuk membangun bisnis itu juga bukan jalan yang sederhana. Ketika membangun sebuah bisnis sering kali juga melihat hal paling rinci, yang mungkin Anda sering tidak anggap.

Untuk memulai sebuah bisnis, berikut sejumlah tips yang dapat disimak, seperti dikutip dari laman Business News Daily,  seperti ditulis Jumat (17/3/2017):

1. Melakukan riset

Salah satu hal paling penting untuk dilakukan sebelum memulai bisnis adalah melakukan riset. Hanya karena Anda memiliki ide cemerlang tidak berarti orang lain juga tidak punya ide sama.

Jika Anda tidak dapat menawarkan sesuatu yang lebih baik dan atau lebih murah dari pada pesaing Anda, sebaiknya kembali memikirkan untuk memulai bisnis di bidang tersebut. Hal itu seperti disampaikan pendiri British Business Energy Ian Wright.

2. Terorganisir

Salah satu kunci membangun bisnis baru dengan yaitu terorganisir. Begitu banyak orang didorong oleh ide baik dan bagus untuk membangun bisnis. Namun, mereka gagal mewujudkan ide itu karena kurang terorganisir.

Tanpa rencana terorganisir, Anda dapat menemukan banyak arah sehingga membuat tidak terarah dan lengkap. Hal itu disampaikan pendiri Scribblrs.com Eric Brantner.

3. Bertanya kepada diri sendiri

Setiap pengusaha harus mampu menjawab pertanyaan, "Mengapa Anda melakukan ini?" Tampaknya seperti sebuah pertanyaan sederhana. Namun ketika Anda berada di waktu salah dan jalan yang tak sesuai harapan, pertanyaan ini seperti mengingatkan Anda.

Sebagai pengusaha, proses belajar dan tumbuh berkembang tidak akan berakhir. Ini sebagai sebuah latihan untuk diri sendiri sehingga tetap fokus menetapkan tujuan. Noah Krinick. Pendiri Solo Rugs.

4. Punya mentor

CEO Transcription Outsourcing Ben Walker menyampaikan, salah satu nasihat yang akan disampaikan kepada seseorang saat mulai berbisnis yaitu dengan memiliki mentor.

"Saya memiliki mentor dan pelatih selama 1,5 tahun. Ini membuat saya mudah mengambil keputusan. Tanpa bantuannya, saya tidak dapat tumbuh, terutama mengembangkan perusahaan dan menjaga karyawan saya," ujar dia.

5. Survei target pasar

Ketika memulai bisnis, coba lakukan survei untuk target demografis produk dan jasa yang ditawarkan. Ini sangat penting dilakukan untuk memberikan pelayanan yang konsumen inginkan, dan bukan yang Anda inginkan.

Survei ini juga memberikan tambahan wawasan kepada Anda mengenai keputusan konsumen ketika membeli. Ini memberikan pengalaman dan menghemat untuk mengenal konsumen lebih jauh hingga ke lapangan.

1 dari 2 halaman

Bantuan Konsultan Hukum

6. Minta bantuan konsultan hukum

Pendiri The Modern Femme Movement Katy Blevins menuturkan, salah satu saran yang disampaikan kepada pengusaha saat membuka usaha yaitu mencari konsultan hukum.

"Kita sering berasumsi kalau konsultan hukum diperlukan ketika menemui masalah. Padahal untuk mencegah dan proaktif siapkan hal yang berkaitan dengan hukum menjadi jalan terbaik untuk membangun bisnis yang sukses dalam jangka panjang," ujar dia.

Ketika Anda menelepon konsultan hukum setelah Anda jatuh ke dalam masalah, hal ini sering terlambat dapat mempengaruhi bisnis Anda ke dalam waktu jangka pendek dan panjang.

"Ketika mulai membangun bisnis dengan melibatkan konsultan hukum seperti investasi di awal yang dapat memberikan imbal hasil besar bagi Anda agar terhindar dari masalah," tambah dia.

7. Lancar bayar utang kredit

Pendiri Fit Small Business Marc Prosser mengatakan, bila jejak rekam kredit dan utang Anda tak begitu bagus ini berdampak saat Anda meminjam uang. Anda bisa dikenakan bunga sangat tinggi. "Jika Anda mulai berbinis, coba tingkatkan peringkat utang dan kredit Anda sehingga dapat meminjam seperti yang Anda butuhkan," tutur Marc.

8. Memiliki atau meminta bantuan akuntan

Pendiri Little Bird Sarah Burningham menuturkan, saat mempertimbangkan memiliki bisnis sendiri pada 2009, dan ketika itu masih sebagai pekerja penuh membuat dirinya bekerja ganda.

Ia pun meminta bantuan akuntan untuk membangun bisnisnya. Ini membantu dirinya untuk mengetahui apa keuntungan yang diinginkan. Selain itu juga agar mengetahui pajak, biaya membangun bisnis.

9. Punya jaringan

Salah satu langkah memulai bisnis yaitu mengerti dengan komitmen yang dimiliki. Anda akan membutuhkan banyak diskusi dengan banyak pengusaha terutama yang sukses dan gagal.

Pengalaman mereka berguna untuk memberi nilai kepada Anda. Direktur pelaksana BT Consulting Todd Rhoad menuturkan, saran yang dapat Anda tangkap dari pengalaman pengusaha itu mulai dari gaya hidup, keuangan, hubungan, kestabilan emosional dan percaya diri.

10. Tahu persyaratan pajak

Perencana keuangan dari Sickle Hunter Financial Advisors Travis Sickle menuturkan, perlu mengetahui berapa biaya pajak yang harus dipenuhi, dan biaya lainnya saat memulai bisnis. Dengan mengetahui berapa biaya yang dibayar maka Anda dapat mengetahui jumlah pengeluaran. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui pajak lainnya berkaitan dengan bisnis Anda sesuai daerah tempat membangun bisnis. (Dian Ayu)

 

Artikel Selanjutnya
Tak Punya Passion? Kenali Keahlian Anda Dengan Cara Berikut
Artikel Selanjutnya
Moms, Mau Resign dan Jadi Pengusaha? Miliki 6 Hal Ini Dulu