Sukses

Alasan Elia Massa Manik Terima Jabatan Dirut Pertamina

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) secara resmi mengumumkan ‎Elia Massa Manik sebagai Direktur Utama menggantikan Dwi Soetjipto yang diberhentikan pada Februari 2017 lalu. Penunjukan Elia ini merupakan hasil dari Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pagi ini.

Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik mengatakan, alasannya menerima tanggung jawab lantaran menurutnya sektor energi ini merupakan sektor yang krusial dan memberikan tantangan tersendiri baginya.

"Ini suatu kehormatan, amanah ini besar. Energi ini sangat krusial sangat menantang dari sisi industri," ujar dia di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Kamis (15/3/2017).

Menurut Elia Massa Manik, jika sektor energi ini bisa dibereskan, maka akan menjadi pendorong bagi sektor lain seperti industri. Oleh sebab itu Elia berharap ke depannya dia bisa berkontribusi besar pada pengembangan energi di Indonesia.

"Secara makro, sektor energi ini paling utama. Kalau energi beres semua tertanam. Misalnya pemerintah ingin industrinya, butuh quantity energi dan cost harus bersiang. Ini tentu sangat menantang," tandas dia.

Sebagai informasi, Elia Massa Manik sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PTPN III (Holding) sejak April 2016. Sebelumnya, menjabat sebagai Presiden Direktur PT Elnusa.

Elia memulai karier di PT Indofood Sukses Makmur (INDF), dan kemudian bergabung dengan Suez Group. Pada 2001, Elia meninggalkan Zuez dan bergabung dengan PT Kiani Kertas dan kemudian bergabung dengan PT Jababeka. (Dny/Gdn)

Artikel Selanjutnya
Dirut Baru Pertamina Harus Lebih Kompetitif di Industri Migas
Artikel Selanjutnya
Tanggapan Bos PLN soal Dirut Baru Pertamina