Sukses

10 Jurusan Kuliah dengan Lulusan Bergaji Tertinggi

Memilih jurusan kuliah enggak bisa dianggap enteng karena bisa menentukan masa depan Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Pada usia berapakah kamu mulai ambil ancang-ancang menentukan jurusan kuliah yang ingin diambil? Memilih jurusan kuliah enggak bisa dianggap enteng.

Karena, sedikit banyak periode hidupmu satu ini akan menentukan kehidupan dewasamu. Enggak mau kan, menghabiskan waktu 4 tahun, bisa juga lebih, yang berujung sia-sia?

Berikut 10 jurusan kuliah yang lulusannya bergaji tinggi seperti dikutip dari Tunaiku:

1. Teknik Pertambangan

Lulusan teknik pertambangan biasanya sih akan menjadi orang lapangan. Alias, mengeksplorasi bahan-bahan tambang yang ada di perut bumi. Mulai dari berlian hingga minyak bumi.  Mulai dari mendeteksi keberadaannya, hingga bertanggung jawab atas eksekusi penggalian.

Prospek kerja: Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara, PT Freeport, PT Antam, PT Timah Tbk.

 
2. Teknik Material dan Metalurgi

Jurusan satu ini mungkin agak asing namanya. Bidang kerja lulusan satu ini, berkaitan erat dengan Pertambangan. Bedanya, Teknik Material dan Metalurgi lebih spesifik mengkaji proses pengolahan dan perekayasaan mineral dan logam. Jurusan satu ini tergolong langka, lho!

Prospek kerja: Schlumberger, Geothermal PLN atau Pertamina, Badak LNG.

 
3. Teknik Perkapalan

Teknik Perkapalan bisa juga disebut Arsitek Kapal! Kamu akan menimba ilmu perencanaan pembangunan sebuah kapal mulai dari bentuk badan kapal dan rencana umum, kebutuhan daya mesin, struktur dan stabilitas, serta pengoperasian kapal yang sudah jadi untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam hal sarana transportasi.

Prospek kerja: Industri maritim atau gas dan minyak, Badan klasifikasi nasional (BUMN)  seperti BKI, Sucofindo atau Surveyor Indonesia.

 
4. Teknik Nuklir

Di antara kamu ada yang ingin mengikuti jejak Prof. rer. Nat Evvy Kartini, salah satu ahli nuklir dunia? Berkecimpung di teknik nuklir, kamu akan mengakrabi prinsip-prinsip fisika nuklir.

Di dunia kerja, ilmu ini diaplikasikan untuk rancang, kembang, dan perawatan sistem fisi nuklir. Bisa di dunia kedokteran atau radioaktivitas lingkungan.   

Prospek kerja: BATAN, Radiologi di RS, pembangkit listrik tenaga nuklir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Teknik Informatika

 
5. Teknik Informatika

Informatika adalah ilmu yang mempelajar perangkat, baik sistem maupun alat, yang dapat menyebarkan informasi. Jadi, jika kamu memang tertarik dengan bahasa pemograman untuk menciptakan suatu sistem atau aplikasi canggih, ini bisa jadi pilihan tepat.

Prospek kerja: Menjadi programmer hingga intelligent di hampir di semua industri, terutama industri telekomunikasi.

6. Ilmu Farmasi

Saat sakit, selain butuh dokter untuk memeriksa, pasti kamu butuh obat juga, kan? Nah, disinilah peran ilmu farmasi, sebagai pendampingnya Ilmu Kedokteran. Konsentrasi ilmu farmasi ada pada semua cakupan farmasi, tak hanya obat-obatan penyembuh sakit, tapi juga di kosmetika.

Prospek kerja: RS, Industri obat-obatan (Kalbe Farma, Bayer), Industri Kosmetik (Mustika Ratu, Wardah)

 
7. Ilmu Bisnis dan Ekonomi

Kamu bercita-cita jadi wirausahan bukan berarti enggak butuh kuliah. Justru, perdalam ilmumu di universitas yang menawarkan jurusan ilmu bisnis dan ekonomi. Karena, jurusan ini melengkapimu dengan berbagai keterampilan. Mulai dari administrasi, hingga kewirausahaan.

Prospek kerja: wirausaha dan semua industri pekerjaan membutuhkan seorang ahli ekonomi.

3 dari 3 halaman

Komunikasi



 
8. Komunikasi

Kepandaian dan ketepatan memberikan informasi sehingga mengena dan mendapatkan respon yang diinginkan dari lawan bicara, bukan hal yang sepele.

Nah, Jurusan Komunikasi adalah ilmu yang mempelajari segala hal yang berkaitan dengan komunikasi manusia. Cabang ilmu yang bisa kamu dalami adalah broadcasting, jurnalistik, public relations, dan advertising.

Prospek kerja: advertising agency atau perusahaan multinasional  

 
9. Kedokteran Hewan

Jadi seorang dokter hewan, berarti akan akrab dengan semua jenis binatang, ya. Tidak hanya anjing dan kucing, tapi sampai kuda dan kura-kura. Selama menempuh pendidikan, kamu akan mempelajari mengenai  pencegahan, perawatan dan pengobatan penyakit hewan.

Prospek kerja: Veterinarian, Kebun Binatang, Konservasi Hewan

 
10. Ilmu Statistika

Jika kamu termasuk akrab dengan ilmu matematika, ilmu statistika bisa jadi alternatif jurusan. Di ilmu ini, matematikamu diaplikasikan untuk mengolah teknik dan metode kuantitatif yang tepat untuk melakukan analisis, penelitian, perkiraan dan perencanaan dalam bisnis, terutama industri.

Prospek kerja: Perbankan, instansi pemerintahan dan swasta seperti BPS dan LIPI.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini