Sukses

Musik yang Kamu Dengar Ternyata Berpengaruh ke Kesuksesanmu

Liputan6.com, Jakarta - Sejak kecil bahkan sejak dalam kandungan kita telah diperkenalkan dengan dunia musik oleh orang-orang disekitar kita, baik musik klasik, jazz, dangdut, campur sari, pop, rock, edm, dan lain sebagainya.

Musik merupakan kumpulan atau susunan bunyi, nada dan irama yang memiliki ritme tertentu serta mengandung isi atau nilai akan perasaan tertentu. Istilah musik berasal dari bahasa Yunani yaitu mousikos, yang diambil dari salah satu nama dewa. Musik adalah salah satu media ungkapan kesenian selain tari, nyanyian, lukisan.

Selain menghibur, musik dapat pula mencerdaskan manusia, sebagai terapi kesehatan untuk mengobati stres pada manusia. Mendengarkan musik juga dapat memengaruhi mood atau suasana hati, musik akan membuat hari-hari kamu saat beraktivitas, baik di rumah, sekolah, kampus, kantor, atau sekedar berkumpul bersama sahabat jadi lebih berwarna.

Apalagi sekarang di era perkembangan teknologi ini lebih memudahkan akses kita akan musik. Gadget yang mampu mengunduh dan menyimpan musik favorit, beragam aplikasi streaming musik online, hingga maraknya festival musik baik gratis maupun berbayar sudah banyak diselenggarakan.

Menurut riset yang dilakukan Ferguson, ilmuwan dari University of Missouri yang dipublikasikan di The Journal of Positive Psychology, orang-orang bisa meningkatkan mood dan kebahagiaan mereka hanya dalam 2 minggu dengan mendengarkan musik.

Berdasarkan apa yang dipublikasikan di Mamiverse.com para peneliti dari McGill University di Montreal, Amerika Serikat, mengatakan mendengarkan musik membuat suasana hati kita terpengaruh karena musik membuat tubuh menghasilkan dopamin.

Meningkatnya dopamin di dalam otak yang merespon musik membuktikan bahwa manusia mendapatkan kesenangan setelah mendengarkan musik.

Simak ulasan berikut seperti dikutip dari Tunaiku.com

Mood memengaruhi kesuksesan

Kadang orang menganggap bahwa persoalan suasana hati adalah hal yang sepele, sesuatu uhiyang dianggap enteng, padahal ternyata mood seseorang ikut memengaruhi kesuksesannya. Mood sendiri adalah keadaan suasana hati seseorang yang bersifat pervasive (menyatu), bertahan lama,  dan mewarnai persepsi seseorang terhadap kehidupannya.

Menurut seorang profesor psikologi dari Standford University, Amerika, Philip G. Zimbardo, sebab perubahan mood seseorang seringkali subyektif atau tidak jelas. Bisa jadi dipicu oleh faktor eksternal atau emosi yang menjadi bawaan seseorang.

Suasana perasaan tersebut bisa berubah dalam hitungan jam atau hari yang kerap memengaruhi gairah seseorang untuk melakukan sesuatu atau bahkan bisa memengaruhi keputusan dan tindakannya.

Terdapat korelasi yang kuat antara mood dan kebahagiaan atau kesuksesan seseorang. Suasana hati yang baik membuat orang akan lebih mudah fokus dan bersemangat dalam beraktivitas dan berkarya (Penelitian Prof. Sonja Lyubomirsky).

Suasana yang gembira, fokus serta semangat untuk beraktivitas akan mempermudah jalan untuk mencapai hasil atau kesuksesan yang diinginkan.

Selain itu, musik yang mengandung lirik positif akan meningkatkan kreatifitas saat bekerja. Sedangkan bad mood atau suasana hati yang buruk akan menyebabkan cara berpikir, berucap, dan mengerjakan sesuatu dengan malas serta tidak bersemangat. Orang akan cenderung menunda pekerjaan sehingga kesuksesan pun akan diraih dalam waktu yang lama.

tergantung genre musik



Semua tergantung genre musiknya…

Namun ternyata tidak semua genre musik mampu meningkatkan produktivitasmu dalam mengerjakan sesuatu. Beberapa musik klasik dengan tempo sedang baik untuk meningkatkan produktivitas kerja terutama pekerjaan yang berkaitan dengan angka atau butuh konsentrasi lebih, karena di dalam musik klasik jarang ditemukan lirik lagu.

Musik yang mengandung lirik di dalamnya dapat mengganggu fokus saat bekerja. Dengan adanya lirik cenderung membuat kita ikut menyanyikan lagu tersebut sehingga konsentrasi kita akan terbelah.

Electronic music yang memiliki nada berulang tidak akan mengganggu fokus kamu. Musik pop baik didengarkan saat melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan entri data atau saat kamu dikejar deadline.

Baca juga: Biar Makin Produktif dan Fokus Kerja, Coba Sambil Dengerin 4 Jenis Musik Ini, Deh!

Jadi, tidak ragu lagi kan untuk mendengarkan lagu selagi kamu kerja? Jangan lupa untuk mendengarkan musik yang memang cocok dan bisa membuatmu semakin semangat kerja, ya. Semua demi mencapai kesuksesan. Semangat!

 


Artikel Selanjutnya
Ini Cara Gunakan Musik untuk Tingkatkan Konsentrasi
Artikel Selanjutnya
Dengarkan Lagu EDM dan Musik Klasik Bikin Otak Lebih Fokus