Sukses

Pedagang Wajib Tahu, Ini 5 Pertimbangan Konsumen Saat Beli Produk

Liputan6.com, Jakarta Kepercayaan konsumen adalah hal paling penting dalam menjual produk. Kepercayaan konsumen akan membuat konsumen menjadi loyal.

Apa yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan kepercayaan konsumen agar menggunakan produk Anda? Sementara pasar dibanjiri dengan produk kompetitor yang menjadikan persaingan semakin ketat.

Di bawah ini terdapat beberapa poin yang bisa diaplikasikan untuk mendapatkan kepercayaan konsumen agar menggunakan produk Anda seperti dikutip dari Laruno:

1. Kualitas produk

Kualitas adalah pertimbangan terpenting bagi konsumen dalam menggunakan suatu produk. Kualitas yang baik bisa dalam bentuk bahan baku yang digunakan, manfaat, isi produk, kemasan, rasa, serta pelayanan yang diberikan kepada konsumen. Untuk itu pastikan produk yang Anda tawarkan memiliki kualitas yang terjamin.

2. Brand awareness

Hal terpenting dalam membangun kepercayaan konsumen untuk jangka panjang adalah melalui brand awareness. Strategi pemasaran yang konsisten dan menjalin komunikasi dengan konsumen akan membentuk brand awareness konsumen terhadap produk Anda.

3. Testimoni konsumen

Mintalah testimoni dari konsumen yang pernah menggunakan produk Anda. Testimoni ini bertujuan untuk membagikan pengalaman yang nyata dari konsumen yang telah menggunakan produk Anda. Biasanya testimoni ini dicantumkan pada website, brosur, katalog, flyer dan berbagai media promosi.

Demo produk

4. Demo produk

Melakukan demo produk dimana calon pembeli melihat dan terlibat langsung didalamnya merupakan strategi jitu untuk meyakinkan mereka. Demo produk atau free trial ini biasanya digunakan untuk produk kecantikan, kuliner, atau mesin.

5.  Pencapaian

Anda bisa mencantumkan siapa saja yang menjadi konsumen atau klien Anda untuk menginformasikan pada konsumen pencapaian yang sudah Anda raih. Memiliki konsumen yang menjadi public figure atau klien perusahaan besar akan memberikan tambahan nilai jual produk Anda.

Mendapatkan kepercayaan itu memang tidak mudah, namun dengan cara dan langkah yang tepat kepercayaan konsumen akan Anda dapatkan. Terapkanlah mulai dari sekarang dalam strategi pemasaran Anda. Semoga Bermanfaat.

Mau Baca Tips Bisnis dan Karir Lainnya Dari Tung Desem Waringin? Silakan klik belajar.me
Baca Juga: 5 Hal Sederhana Ini Memberikan Efek Besar pada Kesuksesan Bisnis Anda

Artikel Selanjutnya
YLKI: Produsen Jangan Merah Telinga Saat Dikritik Konsumen
Artikel Selanjutnya
Dilema Maraknya Ponsel BM di Indonesia