Sukses

PLN Tambah Pasokan Listrik di Kalimantan Barat

Liputan6.com, Pontianak - PT PLN (Persero) menambah pasokan listrik di Kalimantan Barat dengan mengoperasikan beberapa pembangkit yang akan memperkuat sistem dan pemerataan kelistrikan‎ di wilayah tersebut.

Direktur Bisnis Regional Kalimantan Djoko Abumanan mengatakan, pembangkit yang beroperasi adalah Mobile Power Plant (MPP) Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Pontianak. Pembangkit ini berkapasitas total 100 Mega Watt (MW) yang terletak di Desa Jungkat, Kabupaten Mempawah, Kota Pontianak.

Beroperasinya MPP PLTG Pontianak merupakan bukti upaya PLN membangun kelistrikan di Kalimantan. Tambahan daya listrik sebesar 100 MW tersebut, setara dengan 30 persen dari kebutuhan beban puncak sistem kelistrikan khatulistiwa yang saat ini sebesar 300 MW.

‎"Bahwa ini merupakan bukti komitmen pembangunan kelistrikan di Kalimantan," kata Djoko di Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (17/3/2017).

Selain MPP Pontianak, PLN juga memperkuat kelistrikan Kalimantan melalui Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Ketapang berkapasitas 2x10 MW di Desa Sukabangun Dalam, Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang.

PLTU Ketapang saat ini telah masuk ke sistem jaringan 20kV Sistem Ketapang melalui Gardu Hubung Sukaharja. Ini membuat sistem Ketapang akan mendapat tambahan pasokan daya sebesar 20 MW.

Dengan menguatnya sistem kelistrikan di Ketapang, diharapkan dapat mengakomodir pertumbuhan jumlah pelanggan baru di Tanah Kayong serta meningkatkan pemerataan kelistrikan (rasio elektrifikasi) khususnya di wilayah Kalimantan Barat, dari 82,45 persen  menuju 92,97 persen di 2021.

"Kami harap, dengan beroperasinya pembangkit-pembangkit ini dapat memenuhi ‎kebutuhan dan peningkatan rasio elektrifikasi," dia menandaskan. (Pew/Nrm)


Artikel Selanjutnya
Gardu Induk Terbakar, PLN Cirebon Lakukan Pemadaman Bergilir
Artikel Selanjutnya
PLN Kebut Proyek Tol Listrik Sumatera