Sukses

6 Rahasia Orang Kaya Saat Menghabiskan Uang

Liputan6.com, Jakarta - Anda sedang bekerja sebagai karyawan atau menjalankan usaha sendiri? Hasil dari apa yang Anda lakukan saat ini ialah memiliki kecukupan secara finansial. Dengan penghasilan rutin, kebutuhan mendasar dan kebutuhan sekunder dapat dipenuhi, baik untuk pribadi maupun keluarga.

Dalam menjalankan kegiatan yang Anda lakukan saat ini, tidak ada salahnya Anda melihat kebiasaan mereka yang telah mencapai kecukupan finansial alias orang kaya.

Bagaimana kebiasaan orang kaya sehari-hari, ini bisa menjadi contoh buat kita, seperti disarikan Halomoney.co.id dari berbagai sumber:

1. Fokus pada masa depan

Seringkali kita menghabiskan uang untuk sesuatu yang disukai saat ini. Lalu pada akhir pekan atau tanggal tua menemukan dompet dan rekening bank sudah menipis.

Berapa pun penghasilan Anda, cara hidup seperti ini tidak akan pernah menjadikan Anda 'kaya'. Prinsip orang 'kaya' ialah berfokus ke masa depan dan tidak sekedar memuaskan keinginan belanja saat ini.

2. Tetap berhati-hati meski dalam pengeluaran kecil

Banyak orang hanya berhati-hati saat berinvestasi atau pun dalam pembelian yang besar. Tetapi bagi orang 'kaya', mereka tetap berhati-hati dalam pengeluaran kecil.

Sebab justru pengeluaran kecil perlu diperhatikan karena ada begitu banyak jenis pengeluaran kecil setiap hari sehingga nilai dan jumlahnya menjadi besar. Mereka selalu mencari cara yang mana bisa dikurangi sedikit dari setiap pengeluaran.

1 dari 3 halaman

Tidak suka pamer


3. Tidak suka pamer untuk mencari popularitas

Seringkali orang senang menggunakan barang yang bagus agar yang melihat terkesan. Bila ingin 'kaya' Anda tidak dapat melakukannya agar pengeluaran bisa dibatasi. Belilah sesuatu yang Anda butuhkan tetapi jangan melakukan hanya untuk mengesankan pandangan orang.

Anda ingat Bill Gate, Mark Zuckerberg atau Warren Buffett yang tetap sederhana meski sudah memiliki kekayaan miliaran dollar. Buffett tetap menyetir sendiri mobilnya dari rumah ke kantor, setiap hari, dan sarapan di rumah makan cepat saji seharga US$ 2-3 saja.

4. Kerja keras

Ada pendapat di masyarakat bahwa orang 'kaya' hidupnya berfoya-foya dan bergaya hidup mewah. Tapi kenyataannya, mereka adalah tipe orang yang senang bekerja keras. Yang dilakukannya melebihi orang biasa, sekurang-kurangnya pada umur yang paling produktif.

Jika penghasilan sudah bertambah mereka menyimpan lebih dari yang sebelumnya. Baca: Bandara Terbaik Dunia 2017: Soekarno Hatta Cuma No.44, Tapi Raih Juara Kategori Khusus

2 dari 3 halaman

Menabung



5. Menabung dari penghasilan

Kebiasaan lainnya, orang 'kaya' tidak senang menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak penting. Mereka tidak seperti yang dipikirkan kebanyakan orang. Itulah sebabnya mengapa mereka tetap 'kaya'. Mereka selalu menabung.

Mereka juga mengerti di mana uang tabungannya harus ditempatkan yang bisa memberikan imbal hasil yang menguntungkan. Saat orang biasa hanya mendapatkan return normal sebesar 5 persen-6 persen per tahun, orang kaya mengetahui ke mana menempatkan dananya dengan return lebih tinggi dari orang biasa.

6. Sering menawar saat berbelanja

Sama seperti Anda, orang 'kaya' pun ingin uangnya bernilai tinggi. Mereka selalu mencoba mencari diskon murah dan tawar menawar. Ada orang bijak mengatakan "mengapa harus membayar mahal bila ada orang membayarnya kurang untuk itu".

Hidup orang 'kaya' ternyata sederhana dan tidak berfoya-foya. Mereka sangat hati-hati dalam pengeluaran dan bekerja keras untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Anda masih mau 'kaya'? Ikuti pola hidup mereka.

Artikel Selanjutnya
Intip Cara Hemat Ala Bos Facebook
Artikel Selanjutnya
10 Pemikiran Salah yang Bikin Anda Susah Kaya