Sukses

5 Tips Kerja agar Bisa Pulang Kantor Tepat Waktu

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang yang sering berada di kantor untuk waktu lebih lama dari yang diharuskan. Beberapa alasan dikemukakan, seperti lembur, masih banyak pekerjaan yang belum selesai, atau hanya sekadar 'malas' menghadapi ramainya jalanan di luar.

Meski pekerjaan merupakan salah satu hal yang penting dalam hidup, bukan berarti Anda tidak diharuskan untuk membagi waktu dengan baik. Keseimbangan antara kehidupan kantor dan rumah adalah hal penting agar Anda bisa lebih bahagia.

Melansir Telegraph.co.uk, Senin (20/3/2017) berikut ulasannya:

1. Datang lebih pagi

Datang pagi ke kantor memiliki banyak manfaat. Beberapa diantaranya adalah memiliki banyak waktu untuk melakukan hal lain sebelum pekerjaan dimulai.

Selain itu Anda juga bisa menghindari macet, bisa pulang lebih cepat, dan pastinya pekerjaan akan terselesaikan di waktu yang tepat.

2. Tau Prioritas

Tentukan pekerjaan mana yang lebih urgent untuk diselesaikan. Biasanya orang telat menyelesaikan pekerjaan karena tidak adanya prioritas. Pastikan bahwa Anda benar-benar produktif jika memutuskan untuk bekerja lebih lama dari biasanya.

3. Katakan tidak

Jangan takut untuk bilang tidak dan bertindak tegas apabila Anda benar-benar sibuk dengan suatu pekerjaan. Selalu setuju untuk melakukan semua hal hanya akan menambah pekerjaan yang Anda lakukan dan membuat Anda pulang lebih lama.

1 dari 2 halaman

Hindari untuk selalu cek email

4. Hindari untuk selalu cek email

Hanya Anda yang bisa memberikan batasan antara pekerjaan dan kehidupan. Sulit memang untuk menghindari kebiasaan mengecek email setiap waktu. Oleh karenanya, Anda bisa mengatur waktu tertentu untuk mengecek e-mail dan patuhlah pada jam tersebut.

5. Hindari umbar janji

Jangan langsung mengiyakan tawaran untuk mengerjakan sesuatu yang mendekati jam pulang kerja. Jika hal tersebut bisa Anda lakukan esok hari, maka tundalah untuk mengerjakan pekerjaan tersebut.