Sukses

7 Tips Agar Liburan Tak Habiskan Banyak Uang

Tagihan hotel, makan di restoran, atau cicilan tiket pesawat yang datang setelah liburan akan membuat Anda merasa terbebani.

Liputan6.com, Jakarta - Liburan menjadi saat yang ditunggu-tunggu. Yang namanya liburan seharusnya menjadi ajang menyenangkan sebelum dan setelah liburan berakhir.

Tagihan hotel, makan di restoran, atau cicilan tiket pesawat yang datang setelahnya akan membuat Anda merasa terbebani.

Lantas perencanaan apa yang sebaiknya dilakukan agar liburan tidak meninggalkan banyak utang? Berikut ulasannya seperti dikutip dari CekAja.com:

Menabung dari jauh-jauh hari

Katakanlah target Anda adalah menikmati salju musim dingin di akhir tahun. Maka sejak awal tahun Anda harus mulai menabung. Lebih menabung Rp 500 ribu sejak bulan Januari daripa menabung Rp 2 juta mulai bulan Juni.

Salah satu cara mudah agar Anda disiplin menabung adalah dengan membuat tabungan rencana. Nantinya uang di rekening tabungan akan pindah secara otomatis sejumlah yang Anda inginkan setiap bulan ke rekening tabungan rencana. Uang ini baru boleh diambil saat jatuh tempo.

Booking lebih awal

Harga tiket pesawat biasanya akan semakin mahal mendekati hari H. Apalagi kalau Anda berencana liburan saat cuti bersama.

Untuk mendapatkan harga terbaik, paling tidak booking tiket pesawat enam bulan sebelumnya. Manfaatkan ajang travel fair untuk mendapatkan harga terbaik sepanjang tahun.

Miliki kartu kredit yang tepat

Dengan memiliki kartu kredit yang tepat, Anda bisa mendapatkan diskon pembelian tiket pesawat, diskon hotel, bebas masuk airport lounge, sampai terbang gratis. Untuk mendapatkan terbang gratis, Anda harus menukarkan poin ke miles.

Tapi ingat keuntungan ini akan lebih bermanfaat kalau Anda selalu membayar tagihan secara penuh sebelum jatuh tempo. Karena jika tidak, Anda memang mendapatkan poin, namun tetap harus membayar bunga.

Punya prioritas

Punya prioritas

Apakah prioritas Anda adalah menikmati sajian bintang lima? Atau besantai seharian di kamar suite? Jika demikian, mungkin Anda tidak keberatan jika harus naik budget airlines.

Supaya liburan tidak makan banya kuang, Anda memang harus sedikit mengorbankan keayamanan. Tidak harus semua kenyamanan dikorbankan, tapi Anda bisa memilih salah satu dengan mengetahui prioritas.

Cari aktivitas gratis

Ada banyak aktivitas gratis yang bisa Anda nikmati. Mulai dari berjalan-jalan di taman, menikmati pantai yang bukan merupakan destinasi turis, bahkan walking tour sendiri. (Baca juga: Beberapa Hal yang Harus Dilakukan Saat Ingin Booking Hotel Online)

Bersiap untuk keadaan darurat

Bayangkan Anda sudah booking hotel, tapi pesawat Anda delay sampai keesokan harinya. Atau bagasi Anda terlambat padahal Anda harus mengejar kereta cepat ke kota lain. Ditambah lagi semua booking yang sudah dibuat bersifat non refundable.

Sematang apapun rencana Anda, Anda harus tetap mempersiapkan kemungkinan terburuk. Selain menyiapkan dana darurat di luar bujet liburan, Anda juga wajib membeli asuransi perjalanan.

Karena ketika terjadi bencana seperti pesawat delay, paspor hilang, bagasi terlambat, sakit di tempat tujuan, asuransi perjalanan akan menanggung biayanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini