Sukses

Hati-hati, 5 Pengeluaran Ini akan Tetap Ada Walau Sudah Pensiun

Liputan6.com, Jakarta Masa pensiun sering dianggap sebagai waktu di mana seseorang hanya tinggal menikmati masa tuanya. Alhasil, hal ini pun tidak dipikirkan secara maksimal sehingga banyak orang yang kelabakan untuk menyiapkan masa pensiunnya dengan baik.

Walau aktivitas di masa pensiun nanti tidak sebanyak ketika Anda masih bekerja, tetap saja ada beberapa kebutuhan yang masih tetap menguras pengeluaran. Apa saja pengeluaran tersebut?

Melansir cheatsheet.com, Selasa (21/3/2017) berikut ulasannya:

1. Biaya kesehatan

Permasalahan kesehatan merupakan satu hal yang banyak dihadapi mereka yang sudah menginjak usia pensiun. Oleh karena itu, walau sudah tidak bekerja hal ini masih menjadi fokus yang harus diperhatikan. Biaya kesehatan pun akan tetap mengikat Anda setelah menginjak masa pensiun.

2. Transportasi

Pengeluaran lain yang akan tetap ada walau sudah pensiun adalah transportasi. Setiap harinya, Anda pasti membutuhkan biaya tertentu untuk transportasi.

 

1 dari 2 halaman

Biaya perawatan

3. Biaya perawatan penampilan

Walau sudah pensiun, bukan berarti Anda tidak peduli pada penampilan. Anda harus tetap mengeluarkan uang untuk biaya perawatan.

4. Tabungan darurat

Tabungan darurat bisa Anda pakai untuk mencukupi kebutuhan tertentu. Menyimpan dana darurat sangatlah penting. Dana ini dapat digunakan saat kondisi keuangan memburuk. Anda dapat membuat dana tabungan pada rekening tertentu atau deposito.

5. Inflasi

Saat pensiun nanti, mungkin kita sudah tidak bekerja seproduktif dulu lagi, namun kebutuhan kita akan tetap berjalan dan kita tetap harus membayar tagihan rutin setiap bulanya. Mungkin saat itu, anak-anak kita sudah besar dan sebagian cicilan sudah ada yang lunas.

Untuk itu, Perhitungkan inflasi yang memang terjadi setiap tahunya. Jangan lupa juga untuk memikirkan biaya investasi.

Artikel Selanjutnya
Kondisi Ekonomi Sedang Sulit, Anda Tetap Harus Lakukan Ini
Artikel Selanjutnya
5 Tanda Anda Siap Pensiun Dini