Sukses

Pasokan Hunian di Jakarta dan Tangerang Turun

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta dan Tangerang masih menjadi lokasi favorit bagi pencari hunian di Indonesia. Sayangnya, jumlah pasokan hunian atau pasokan rumah di kedua lokasi tersebut justru mengalami penurunan. 

Country Manager Rumah.com Wasudewan menjelaskan, minat masyarakat terhadap hunian di wilayah Jakarta dan Tangerang tetap kuat, namun pasokan hunian di kedua wilayah tersebut ternyata malah menurun pada kuartal IV-2016. Data ini diperoleh dari Rumah.com Property Market Index berdasarkan perilaku 3,4 juta pengunjung Rumah.com yang mengakses 17 juta halaman properti setiap bulan di Rumah.com.

“Pada kuartal II dan III tahun 2016 lalu, pasokan hunian di Jakarta tumbuh 5 persen dan 3 persen. Namun pada kuartal IV, pasokan turun sebanyak 8 persen," Wasudewan berujar pada Senin (20/3/2017). Ia melanjutkan, kondisi yang sama juga terjadi di Tangerang, Banten, yang lokasinya berbatasan dengan Jakarta.

Pada kuartal II dan III tahun 2016 lalu, pasokan hunian di Tangerang tumbuh 2 persen dan 3 persen. Namun pada kuartal IV 2016, turun sebanyak 6 persen.

Basudewan melanjutkan, adanya aksi massa berjumlah besar yang terjadi pada kuartal IV tahun 2016 lalu serta adanya kampanye Pilkada DKI Jakarta dan Banten membuat para penjual properti memilih bersikap wait and see.

Kondisi pasokan yang belum tumbuh signifikan mungkin akan terus berlanjut setelah melewati putaran kedua Pilkada DKI di bulan April 2017 ini dan sekaligus datangnya bulan Ramadan serta Idul Fitri pada bulan Mei – Juni 2017 mendatang.

“Secara umum, Jakarta Selatan menawarkan pasokan hunian paling besar dibanding wilayah lain di ibukota, dengan jumlah sekitar 40% persen," tutur dia.

Posisi kedua yang memberikan pasokan cukup banyak adalah Jakarta Barat  dengan prosentase 21 persen, lalu Jakarta Timur  dengan pasokan 19 persen, Jakarta Utara  dengan pasokan 13 persen dan Jakarta Pusat  dengan pasokan 6 persen. "Komposisi ini tidak berubah secara signifikan sepanjang tahun lalu berdasarkan data Rumah.com Property Market Index,” ujarnya.

Berikut 10 besar Lokasi Favorit Pencari Properti di Indonesia:

1. Jakarta
2. Tangerang
3. Bekasi
4. Bandung
5. Bogor
6. Depok
7. Surabaya
8. Semarang
9. Medan
10. Denpasar.

(Gdn/Ndw)

Artikel Selanjutnya
Cegah Penimbunan, Tim Satgas Pangan Surabaya Sidak Gudang Pabrik Garam
Artikel Selanjutnya
Sulitnya Pasokan, Harga Garam Naik 2 Kali Lipat di Cimahi