Sukses

Harta Miliarder Ini Bertambah Rp 367 Triliun dalam Setahun

Saham Amazon naik 67 persen dalam setahun telah mendorong kenaikan kekayaan Jeff Bezos.

Liputan6.com, Jakarta - Miliarder Jeff Bezos mencetak keuntungan terbesar dalam setahun. Kenaikan keuntungan tersebut mendorong Jeff Bezos menempati posisi ketiga dalam jajaran miliarder yang baru saja dirilis Forbes.

Dalam daftar miliarder dunia 2017 yang dilansir oleh Forbes, Jeff Bezos mencatat kekayaan naik US$ 27,6 miliar atau sekitar Rp 367,58 triliun (asumsi kurs Rp 13.318 per dolar Amerika Serikat). Kenaikan kekayaan pria berusia 53 tahun itu membuat kekayaannya menjadi US$ 72,8 miliar atau sekitar Rp 971,26 triliun.

Saham Amazon naik 67 persen dalam setahun telah membantu kenaikan kekayaan Jeff Bezos. Kenaikan saham Amazon didorong dari suksesnya unit usaha Amazon Web Serires yaitu unit cloud computing.

Dengan kenaikan kekayaan itu membuat Jeff Bezos masuk jajaran tiga besar miliarder dunia di bawah pendiri Microsoft Bill Gates dan CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett.

Pada tahun lalu, Jeff Bezos masuk dalam jajaran 10 miliarder di dunia. Untuk pertama kali dirinya berada di peringkat lima. 10 tahun lalu, kekayaan Jeff Bezos mencapai US$ 4,4 miliar.

Kemudian kenaikan kekayaan terbesar disusul oleh Buffett. Kekayaan Warren Buffett naik US$ 14,8 miliar atau sekitar Rp 197,05 triliun dalam setahun. Saham Berskhire Hathaway naik 31 persen. Kekayaan Buffett naik dalam waktu empat bulan sejak pemilihan presiden Amerika Serikat yang dimenangkan Donald Trump.

Selain itu, miliarder China Wang Wei juga mencatatkan kenaikan kekayaan terbesar selama setahun.
Kekayaannya naik sekitar US$ 11,7 miliar atau sekitar Rp 155,83 triliun. Kekayaan Wang Wei menjadi US$ 15,9 miliar. Perusahaan milik Wang Wei bergerak di usaha jasa pelayanan antar barang telah melepas saham ke publik di bursa saham Shenzen pada Februari 2017.

Mark Zuckerberg juga mencatatkan pertumbuhan kekayaan yang besar selama setahun. Kekayaan Zuckerberg naik US$ 11,4 miliar atau sekitar Rp 151,81 triliun. Kenaikan kekayaan Zuckerberg didorong dari saham Facebook naik 31 persen.

Diikuti oleh pendiri Microsoft Bill Gates yang kekayaannya bertambah US$ 11 miliar atau sekitar Rp 146 triliun selama setahun. Sumber kekayaan Gates berasal dari Microsoft, tapi kini dia hanya memiliki saham Microsoft sebesar 2,3 persen.

Kekayaan Gates bertambah seiring keuntungan portofolionya di perusahaan Deere dan Canadian National Railway. Tak hanya itu, saham Microsoft juga naik 27 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini