Sukses

Pupuk Kaltim Bangun Pabrik NPK Senilai Rp 7 Triliun

Pembangunan pabrik NPK Bontang oleh Pupuk Kaltim seiring komitmen pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan.

Liputan6.com, Balikpapan - PT Pupuk Kaltim (PKT) akan membangun pabrik pupuk NPK senilai Rp 7 triliun di Bontang Kalimantan Timur. Pembangunan pabrik pupuk khusus NPK ini sangat perlu untuk memenuhi kebutuhan petani di Indonesia yang mencapai 3 juta ton per tahun.

“Kami dalam proses pembangunan pabrik NPK kluster di Bontang,” kata Humas Pupuk Kaltim Sugeng Suedi, di Balikpapan, Rabu (22/3/2017).

Rencananya, Pabrik NPK ini akan mampu memproduksi 2 x 500 ribu ton pupuk per tahun. Produksi tersebut untuk memenuhi kebutuhan petani di Indonesia area Kalimantan, Jawa Timur, Bali, NTT, Sulawesi dan Papua.

Saat ini,, produksi NPK Pupuk Kaltim baru mencapai 350 ribu ton per tahun. Produksi pabrik baru nanti memperbesar kuantitas produksi NPK yang ditargetkan akan bisa berproduksi maksimal pada 2018 mendatang.

“Selama ini petani di Indonesia terpaksa membeli produk pupuk NPK impor. Produksi dalam negeri belum mampu memenuhi seluruh kebutuhan produk NPK yang besarnya mencapai 3 juta ton per tahun,” ungkapnya.

Pupuk Kaltim sedang menyiapkan proses tender pembangunan fisik pabrik pupuk kluster NPK yang dilaksanakan bulan Agustus nanti. Perusahaan pupuk plat merah ini memilih perusahaan yang mampu menangani pembangunan fisik bangunan pabrik senilai Rp 7 triliun.

Pembangunan pabrik NPK kluster ini memakai sistim join venture antara Pupuk Kaltim dengan perusahaan BUMN lainnya. Hingga kini belum dirumuskan teknis prosentase kepemilikan modal antara Pupuk Kaltim dengan perusahaan BUMN sudah berminat.

“Teknisnya nanti akan dibahas bersama antara pemegang saham di PKT dan perusahaan pihak ketiga yang diajak kerja sama,” ungkapnya.

NPK merupakan salah satu jenis pupuk majemuk yang mengandung lima unsur hara makro dan mikro dibutuhkan tanaman. Pemanfaatan pupuk NPK sangat berguna untuk memacu pertumbuhan tanaman budidaya persawahan dan perkebunan.

Sugeng mengatakan, pembangunan pabrik NPK Bontang oleh Pupuk Kaltim ini seiring komitmen pemerintah dalam mendorong produksi ketahanan pangan nasional. Fasilitas pabrik NPK kluster terdiri gudang, tangki, pabrik bahan baku, conveyor system, utility, dermaga, alat loading dan lainnya.

Pabrik NPK kluster di desain teknologi proven ramah lingkungan. Kawasannya juga dirancang sebagai salah satu area hijau Kota Bontang guna mensuplai oksigen.

“PKT memenuhi seluruh prosedur perizinan dalam pembangunan NPK kluster. Pemerintah daerah Bontang dan Kaltim mensuport penuh pembangunannya,” tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.