Sukses

Ini Cara Ralali Dukung Perkembangan UKM di Jakarta

Saat ini terdapat 1.200 UKM di Kawasan PIK Pulogadung dengan UKM yang paling menonjol berasal dari industri garmen, kulit, dan logam.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai dukungan kepada industri usaha kecil dan menengah (UKM), Ralali.com menandatangani kerja sama dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan Provinsi DKI Jakarta untuk pembinaan anggota komunitas UKM di bawah naungan dinas tersebut yang ingin memperluas pasar mereka melalui online marketplace.

Pendiri sekaligus CEO Ralali.com, Joseph Aditya mengatakan, Ralali.com akan memberikan pelatihan dan pendampingan berupa seminar dan pelatihan khusus kepada para pelaku UKM di Kawasan PIK Pulogadung selama satu tahun lamanya.

"Kami menyiapkan tim yang akan menjadi konsultan bagi rekan-rekan di kawasan tersebut untuk memberikan wawasan yang lebih dalam seputar online marketplace sekaligus membantu mereka memasarkan produk di Ralali.com," jelas dia dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (22/3/2017).

Target Ralali.com dari pembinaan ini adalah peningkatan transaksi bisnis UKM sehingga bisnis mereka menjadi semakin maju dengan pesat.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan Provinsi DKI Jakarta, Irwandi, SH, MM, MH mengatakan, pihaknya menyambut baik kerja sama dengan Ralali.com yang bersedia memberikan pelatihan dan pendampingan bagi para UKM ini.

Saat ini terdapat 1.200 UKM di Kawasan PIK Pulogadung dengan UKM yang paling menonjol berasal dari industri garmen, kulit, dan logam. Hal ini merupakan pertama kalinya situs online marketplace yang menawarkan program pendampingan selama satu tahun bagi para UKM di bawah naungan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan Provinsi DKI Jakarta.

"Sinergi ini sangat bermanfaat bagi para pelaku UKM lain, dan harapannya langkah yang di lakukan Ralali.com dapat memberikan inspirasi bagi e-commerce lainnya dalam memajukan UKM di Indonesia." jelas dia. 

Pelaku UKM dari PIK Pulogadung juga merasa terbantu dengan adanya program bimbingan ini. Salah satu pelaku UKM, Nyoman Kusuma Ardhiantha pemilik bordiranku.com mengatakan, selama ini dirinya sering menghadapi kendala dalam melakukan promosi.

"dengan adanya program bimbingan online marketplace ini kami berharap dapat memperluas market share dan menambah jumlah transaksi.” tutur dia. 

Senada dengan Nyoman, Pelaku UKM Gracia Apparel, Septon Siregar juga merasa terbantu dengan adanya program bimbingan dari Ralali.com. “Kami ingin memperluas pasar kami hingga menjangkau seluruh Indonesia, semoga dengan memanfaatkan e-commerce Ralali.com, harapan tersebut dapat terwujud,” ujarnya. (Gdn/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.