Sukses

5 Jurusan SMK yang Menjanjikan Masa Depan Cerah

Tak hanya bisa bekerja sebagai karyawan, keterampilan sebagai lulusan SMK pun dapat dimanfaatkan untuk berwirausaha.

Liputan6.com, Jakarta - Kamu mungkin sedih ketika belum punya cukup dana untuk membiayai kuliah si buah hati. Banyak hal yang menghantui, terutama soal masa depannya nanti.  Eits, sebaiknya kamu jangan berkecil hati. Kenapa nggak daftarkan saja anakmu ke Sekolah Menengah Kejuruan alias SMK?

SMK justru mampu mencetak tenaga terampil yang siap kerja, lho. Nantinya mereka tidak hanya bisa bekerja sebagai karyawan, keterampilannya pun dapat dimanfaatkan untuk berwirausaha. Nah, ini dia beberapa jurusan SMK yang berpotensi menghadirkan masa depan gemilang buat buah hatimu!

Apa saja? Berikut ulasannya seperti dikutip dari Tunaiku.com:

1. Jurusan Tata Boga

Siapa sih yang enggak butuh makan? Dari zaman batu sampai sekarang, industri kuliner nggak akan pernah mati. Maka jangan heran bila jurusan tata boga kian tinggi peminatnya. Jurusan tata boga di SMK membantu mencetak ahli-ahli masak dengan standar internasional.

Ini tentu peluang besar buat anakmu kelak, mengingat banyaknya jumlah hotel dan restoran yang membutuhkan seorang koki andal. Mereka pun berpeluang untuk berwirausaha di bidang kuliner seperti katering dan rumah makan.

2. Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan

Kita jelas enggak asing lagi dengan yang namanya komputer. Di era komputerisasi dan digital seperti sekarang, dunia akan selalu membutukan kemampuan seorang teknisi komputer. Makanya, Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) ini bisa menghantarkan anakmu ke dunia kerja yang prospektif.

Siswa TKJ akan mempelajari cara merakit komputer, melakukan pemeliharaan perangkat keras dan lunak, sampai memasang jaringan. Kompetensi semacam ini juga mantap dimanfaatkan untuk berwirausaha.

3. Jurusan Teknik Otomotif


Masih ingat dengan mobil Esemka yang beberapa waktu lalu sempat bikin orang tercengang? Ya, mobil tersebut adalah buatan siswa Teknik Otomotif SMK. Jurusan ini memang bertujuan untuk mencetak tenaga-tenaga terampil yang andal di bidang perakitan otomotif.

Prospek kerja lulusan otomotif sangat luas. Mulai dari bengkel modifikasi hingga perusahaan-perusahaan otomotif raksasa. Enggak cuma itu, mereka juga berpeluang berwirausaha dengan membuka bengkel sendiri.

Lulusan Farmasi

4. Lulusan Farmasi


Industri farmasi juga nggak boleh dipandang sebelah mata, lho. Banyak bidang usaha yang membutuhkan lulusan Farmasi. Makanya, siswa lulusan ini juga memiliki prospek kerja yang menjanjikan.

Lulusan Jurusan Farmasi punya peluang di berbagai lini. Mulai dari bagian administrasi pelayanan obat di instansi pemerintahan, apotek, instalasi farmasi di rumah sakit, hingga perusahaan obat-obatan, kosmetik, dan makanan.

5. Jurusan Pelayaran

Anakmu siap untuk menjamah luasnya samudera? Nggak ada salahnya untuk dibimbing menjadi seorang taruna SMK Pelayaran.

Nantinya, mereka akan dididik menjadi seorang operator bidang nautika kapal. Mereka berpeluang untuk bekerja di kapal domestik maupun kapal asing. Penghasilannya pun tergolong fantastis!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.