Sukses

Perkembangan Pembangunan Wisma Atlet Kemayoran Capai 66 Persen

Wisma atlet kemayoran terdiri dari 10 menara susun, dan dikerjakan secara bertahap.

Liputan6.com, Jakarta - Pembangunan rumah susun (rusun) tingkat tinggi atau Wisma Atlet Asian Games XVIII di Kemayoran bakal selesai tepat waktu. Pembangunan 10 tower ini dikerjakan secara bertahap.

"Untuk yang 18 lantai akan selesai bulan Juni, 24 lantai pada bulan Juli dan 32 lantai akan selesai pada bulan Agustus 2017 ini," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) Basuki Hadimuljono, Jakarta, Kamis (23/3/2017).

Secara keseluruhan kemajuan kontruksinya telah mencapai 66 persen. Setelah selesai, rusun akan diuji terlebih dahulu sebelum dimanfaatkan sebagai tempat tinggal para atlet di ajang Asian Games pada Oktober 2018 mendatang.

Sementara itu, Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PU-PR Syarif Burhanuddin menginstruksikan kepada para kontraktor agar bekerja cepat namun juga tetap memperhatikan mutu pekerjaan.

"Sementara pembangunannya masih on the track karena sesuai rencana progresnya adalah 64 persen, namun ternyata sudah 66 persen jadi masih plus 2 persen," jelas dia.

Selain mempersiapkan bangunan, Kementerian PU-PR saat ini juga sedang mempersiapkan pengadaan meubelair atau furnitur antara lain tempat tidur, lemari pakaian, meja dan kursi untuk mengisi unit-unit rusun tersebut.

"Pengadaan meubelair rusun tersebut masih dalam proses tender. Minggu ini akan ada pengumuman pemenang tendernya. Diperkirakan pengadaan meubelair tersebut sesuai jadwal akan selesai bersamaan dengan selesainya pembangunan rusun ini," ujar dia.

Sebagai informasi Wisma Atlet Kemayoran terdiri dari 10 menara rusun. Dengan tiga menara dibangun di Blok C2 dengan kapasitas 1.932 unit hunian dan tujuh menara di Blok D10 dengan 5.496 unit hunian.

Untuk pembangunan Wisma Atlet Jakabaring di Palembang, terdiri dari 2 tower masing-masing 5 lantai, yang akan rampung pada akhir Maret 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.