Sukses

Tol Rute Medan-Tebing Tinggi Dibuka Gratis pada Lebaran Ini

Liputan6.com, Deli Serdang - Ruas tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi seksi II hingga seksi VI rencananya mulai dibuka saat mudik Lebaran 2017. Saat momen mudik nanti, perkembangan pembangunan fisik tol pada 5 seksi tersebut rata-rata mencapai 85 persen.

Kepala Satuan Kerja Pembangunan Jalan Bebas Hambatan Medan-Kualanamu Dedy Hariadi mengatakan, panjang ruas dari seksi II-seksi VI yaitu Kualanamu hingga ke Sei Rampah mencapai 44 kilometer (km).

‎"Ini akan dibuka untuk Lebaran. Nanti dari Kualanamu‎ lewat Lubuk Pakam Sei Rampah. Jadi dari Siantar, Tebing Tinggi ke bandara (Kualanamu) bisa lewat sini," ujar dia di Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (24/3/2017).

Dia menjelaskan, saat momen mudik Lebaran jarak dari Kulanamu ke Sei Rampah biasanya memakan waktu hingga 3 jam. Nantinya dengan menggunakan jalan bebas hambatan ini, waktu tempuh diperkirakan hanya 1 jam.

"Di buka untuk Lebaran bisa hemat waktu, hanya 1 jam. Biasanya titik macet Lubuk Pakam, Perbaungan, Pasar Bengkel, Kampung Pon, Tebing Tinggi," tutur dia.

Rencananya pengoperasian ruas tol Kualanamu hingga ke Sei Rampah saat Lebaran tahun ini dibuka secara fungsional atau belum dikenakan tarif alias gratis.

Hal ini juga bertujuan memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mencoba ruas tol yang menjadi bagian dari Trans Sumatera tersebut.

‎"Jadi ini gratis, masyarakat dipersilahkan lewat, sekaligus untuk trial. Ini nanti sudah bisa untuk kedua arah.‎ Kalau dari Jakarta, turun di (Bandara) Kualanamu, mau ke Tebing Tinggi bisa ke Sei Rampah (lewat jalan tol)," tandas dia.(Dny/Nrm)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.