Sukses

Masih Magang? Ini 5 Tips Ampuh Agar Jadi Pegawai Tetap

Hal ini bisa terwujud asal semua kemampuan bisa Anda ditunjukkan dengan baik selama masih berstatus magang.

Liputan6.com, Jakarta - Magang sering dijadikan cara bagi para mahasiswa atau mereka yang baru lulus untuk mendapat pengalaman nyata di dunia kerja. Tak jarang, dimulai dari magang banyak orang yang akhirnya berlanjut untuk mendapat posisi sebagai pegawai tetap dalam sebuah perusahaan.

Sejatinya strategi ini tidaklah sulit. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan asalkan semua kemampuan bisa Anda tunjukkan selama masih berstatus magang.

Berikut ini 5 tipsnya melansir CNBC, Senin (27/3/2017):

1. Tunjukkan kemampuan terbaik

Cara pertama yang bisa Anda lakukan agar bisa 'terlihat' di kantor adalah dengan mengeluarkan segenap kemampuan yang dimiliki. Setiap diberi tugas dan pekerjaan usahakan untuk menyelesaikannya dengan baik. Jangan lupa juga untuk meminta saran atau masukan dari atasan atas pekerjaan yang telah dilakukan.

2. Perluas koneksi

Selama masih ada di perusahaan, tak ada salahnya Anda membuka keran koneksi seluas-luasnya. Bukan hanya dengan atasan satu divisi, Anda juga harus mencoba untuk bergaul dengan pegawai dari divisi lain termasuk mereka yang duduk di kursi HRD (Human Resources Department). Siapa tau, dengan begini Anda pun bisa mendapat pertimbangan khusus setelah masa magang selesai.

3. Tetap profesional

Walau masih berstatus sebagai karyawan magang, tidak ada salahnya untuk menunjukkan kesan profesional ketika bekerja. Hal ini bisa terlihat dari cara Anda memilih pakaian, berkomunikasi dengan rekan kerja hingga mengerjakan tugas yang diberikan atasan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Serap ilmu sebanyak banyaknya

4. Serap ilmu sebanyak-banyaknya

Proses magang seharusnya bisa menjadi proses belajar. Termasuk di antaranya belajar memahami jika memang perusahaan atau bidang tersebut tidak cocok dan tidak nyaman untuk Anda. Lakukan penilaian dan refleksi pada diri sendiri. Jangan lupa, serap semua ilmu yang bisa Anda dapatkan kala sedang mencicipi pengalaman di dunia kerja ini.

5. Utarakan niat

Terakhir, jangan ragu-ragu untuk mengatakan bahwa Anda memang berniat untuk membangun karier di perusahaan tersebut. Tak perlu terlalu memaksa, namun pastikan mereka mengetahui  Anda sangat menikmati masa-masa magang di perusahaan dan ingin mendapat pengalaman lebih banyak lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini