Sukses

Mau Kuliah di Luar Negeri dengan Biaya Lebih Murah dari Jakarta?

Liputan6.com, Jakarta - Menimba ilmu memang tidak memiliki batas waktu. Apalagi untuk zaman sekarang dengan semua kemajuan teknologi dan juga perkembangannya, orang-orang akan berlomba untuk mendapatkan yang lebih baik. Salah satunya adalah dengan meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Kuliah di luar negeri pun menjadi salah satu pilihan idaman untuk sebagian besar orang. Selain mendapatkan ilmu, banyak hal yang bisa didapatkan jika seseorang berani mengambil langkah untuk bersekolah di luar negeri.

Namun, ada juga yang harapannya pupus karena melihat tingginya biaya yang harus dibayar untuk bisa bersekolah di luar negeri. Padahal, ada beberapa negara yang menawarkan harga terjangkau untuk bisa bersekolah atau kuliah di sana.

Berikut ini adalah 10 kota di luar negeri dengan biaya yang bahkan lebih murah daripada kuliah di Jakarta. Yuk, simak ulasannya seperti dikutip dari Tunaiku.com, Sabtu (25/3/2017):

Berlin

Siapa sangka jika kota Berlin menjadi salah satu kota yang memiliki biaya kuliah yang cukup terjangkau. Diperkirakan rata-rata biaya kuliah mahasiswa internasional di Jerman adalah US$ 635 per tahunnya atau sekitar Rp 8,5 juta. Akan tetapi, perlu dipertimbangkan juga untuk biaya hidup di sana mencapai US$ 5.650 per tahun (sekitar Rp 76 juta).

Leuven

Salah satu kota yang dikenal memiliki biaya kuliah murah adalah Leuven, di Belgia. Kampus yang bisa jadi tujuan di wilayah Flanders ini adalah KU Leuven (The Katholieke Universiteit Leuven), sebuah kampus tertua dengan kualitasnya yang tidak perlu diragukan lagi. Biaya kuliah di sana dibanderol sekitar US$ 1.000 atau sekitar Rp 13,5 jutaan per tahun.

Wina

Wina menjadi salah satu kota yang bisa menjadi tempat untuk melanjutkan pendidikan dengan harga yang terjangkau. Wina memiliki dua universitas berperingkat internasional yang rata-rata biaya per tahun sebesar US$ 500 atau sekitar Rp 6,7 juta.

Salah satu unversitas terbaik di kota ini adalah The Vienna University yang terletak di Wina.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Calabria



Calabria

Nama kota ini memang tidak begitu tersohor, namun sebagai salah satu kota di Italia, Calabria dikenal lantaran biaya kuliahnya yang terjangkau.

Salah satu kampus dengan biaya yang cukup murah adalah Universita Della Calabria yang terletak di Selatan Italia. Bahkan untuk jenjang S2 di kampus ini, cukup dengan membayar sebesar US$ 750 atau sekitar Rp 9 jutaan per tahun saja.

Taipei

Negara Taiwan adalah salah satu yang memiliki biaya kuliah yang sangat terjangkau dan membuat pundi-pundi uang kita cukup aman. Lebih dari 10 tahun negara ini menginginkan mahasiswa internasional supaya berkuliah di negara tersebut.

Bahkan, beberapa universitas di Taiwan tidak memungut biaya sepeser pun untuk mahasiswanya. Salah satu universitas terbaiknya adalah National Taiwan University (NTU) dengan biaya US$ 1.600-2.000 (Rp 23 juta-Rp 28 juta).

3 dari 4 halaman

Milan



Milan

Perguruan tinggi negeri di Milan terbilang cukup murah karena biaya per tahunnya hanya berkisar antara US$ 920-1.080 (Rp 13 juta-Rp 15 juta). Biaya hidup di sini juga terbilang tidak tinggi.

Munich

Selain Berlin, kota lainnya di Jerman yang dikenal punya biaya kuliah murah adalah Munich. Universitas dengan peringkat tertinggi di kota ini adalah Technische Universitat Munchen dan Ludwig-Maximimilians-Universitat.

Sama halnya dengan perguruan tinggi di Jerman, biaya kuliah di sini juga sangat rendah untuk mahasiswa domestik dan internasional. Pertahunnya kamu cukup membayar US$ 600 atau setara Rp 7 jutaan saja.

Delhi

Bagi yang tertarik untuk melanjutkan sekolah di India,mungkin Delhi bisa menjadi tujuan utama. Delhi University adalah salah satu universitas yang di favoritkan mahasiswa Indonesia.

Biaya untuk bersekolah di sana pun terbilang murah sehingga bisa menjadi tujuan favorit bagi yang ingin melanjutkan studi. Kabarnya, cukup dengan US$ 500 atau sekitar 6,7 juta saja, kamu bisa berkuliah di sana.

4 dari 4 halaman

Paris


Paris

Siapa sangka kalau di Prancis bisa mendapatkan biaya kuliah yang cukup murah bahkan bisa mendapatkannya secara cuma-cuma? Bahkan mahasiswa luar negeri yang bersekolah di Prancis bisa hanya mengeluarkan US$ 250 atau sekitar Rp 3,4 juta per tahunnya.

Kota Paris bisa menjadi yang paling diincar di sini. Namun perlu diingat harus berhati-hati dengan gaya hidup di kota yang satu ini, karena kalau kita tidak hati-hati, bisa-bisa uang kita akan habis dalam sekejap karena biaya hidup yang tergolong mahal.

Athena

Kota ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri dengan biaya yang terjangkau. Mahasiswa luar negeri yang memenuhi persyaratan berkesempatan untuk meneruskan pendidikan dengan biaya US$ 1.630 atau sekitar Rp 23 juta per tahunnya.

Setelah tahu tentang 10 kota di luar negeri dengan biaya yang bahkan lebih murah daripada kuliah di Jakarta ini, enggak ada alasan lagi untuk menunda mimpi kamu untuk kuliah di luar negeri, ‘kan? Yuk, terus kejar cita-citamu setinggi langit! 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.