Sukses

Ingin Makmur di Usia Senja? Tinggalkan 5 Kebiasaan Belanja Ini

Ketika usia bertambah diharapkan Anda juga sudah belanja secara cerdas sehingga dapat pikirkan soal dana pensiun dan beli rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika berusia 30 tahun, orang-orang di sekitar mengharapkan Anda memiliki hobi belanja yang cerdas. Tak hanya bijak pakai uang saat berbelanja, tapi juga mendapatkan untung. Hal itu mengingat usia bertambah mendorong Anda juga perlu memikirkan soal dana pensiun dan beli rumah.

Berikut kebiasaan jelek belanja saat berusia 20 tahunan yang perlu Anda tinggalkan, seperti dikutip dari laman wisebread, Minggu (26/3/2017):

1. Anda hanya membeli apa yang Anda inginkan

Saat dewasa dan memiliki penghasilan sendiri merupakan waktu untuk membeli apa yang Anda inginkan. Meski demikian perlu membeli apa yang benar-benar Anda butuhkan ketimbang daftar keinginan Anda.

Misalkan, Anda butuh bahan kebutuhan pokok, tetapi Anda tak perlu jajanan atau camilan yang sebenarnya bisa didapatkan dari kebutuhan pokok Anda. Memangkas anggaran tak perlu akan membuat perubahan drastis dalam keuangan Anda.

2. Anda salah pakai kartu kredit

Kartu kredit dapat menolong dalam keuangan Anda. Meski demikian, bila Anda hanya memakai kartu kredit setiap membeli, Anda akan lebih boros. Bahkan membuat situasi harus menutup utang. Jadi gunakan kartu kredit dengan bijak.

Salah satu cara memakai kartu kredit dengan benar yaitu dengan menulis apa yang menjadi kebutuhan Anda. Selain itu sebaiknya segera melunasi tagihan kartu kredit Anda agar anggaran tidak membengkak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belanja Secara Emosional

3. Tak punya perhatian menyusun anggaran

Menulis anggaran baik pemasukan dan pengeluaran memang kedengaran mudah tetapi sulit dilakukan. Apalagi benar-benar memakai sesuai anggaran Anda. Coba latih diri Anda untuk benar-benar menghabiskan uang sesuai dengan anggaran yang dibuat

4. Belanja secara emosional

Saat merasa sedih maka salah satu kebahagiaan terutama untuk kaum perempuan yaitu belanja. Ketika mendapatkan tawaran jabatan atau pekerjaan baru kemudian berbelanja. Sering kali seseorang mengikuti perasaannya ketika belanja. Belanja ketika Anda stress, bosan, gembira dan depresi memang jadi cara mudah menghabiskan anggaran dan beli barang yang sebenarnya tak Anda butuhkan dan gunakan.

Oleh karena itu, pentingnya tetap disiplin dan komitmen untuk memakai dana sesuai anggaran. Kemudian evaluasi barang yang Anda beli. Jadi sebelum belanja sebaiknya bertanya apakah barang ini saya butuhkan?Apakah Anda tak punya barang itu di rumah? Ketika Anda sadari kalau emosi mempengaruhi belanja Anda maka sebaiknya coba untuk menghindarinya.

5. Anda belanja tanpa pertimbangan masa depan

Ketika Anda berusia 30 tahun, Anda seharusnya mempertimbangkan untuk membeli sesuatu yang besar. Contohnya jika Anda berencana memiliki Anda, sebaiknya beli rumah, furniture, dan barang lebih besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini