Sukses

Harga Cabai Rawit Merah Turun Jadi Rp 80 Ribu per Kg

Harga cabai mulai berangsur turun karena pasokan sudah mulai normal.

Liputan6.com, Jakarta - Menuju penghujung Maret ini, harga cabai rawit merah tak lagi sepedas di awal bulan. Di pasar tradisional, harga cabai rawit merah sudah turun menjadi Rp 80 ribu per kilogram (kg).

Sutamaaji (50), salah satu pedagang sayur di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, mengatakan pada pekan lalu harga cabai rawit merah masih bertengger di angka Rp 100 ribu per kg. Sedangkan saat ini sudah berada di kisaran Rp 80 ribu per gram. Artinya, harga cabai rawit merah sudah turun Rp 20 ribu per kg. 

"Di minggu masih sekitar Rp 100 ribu per kg. Ini harga turun sudah baru saja kok, baru tiga sampai empat malam ini," kata dia kepada Liputan6.com, di Pasar Kebayoran Lama Jakarta, Senin (27/3/2017).

Harga cabai bisa turun karena pasokan sudah melimpah. Pekan lalu, cabai rawit merah dipasok seharga Rp 80 ribu per kg dari Pasar Induk Kramat Jati. Sekarang, harga cabai sudah di kisaran Rp 65 ribu sampai Rp 70 ribu per kg saat dipasok dari Pasar Induk.

"Jadi kalau saja jual Rp 100 ribu per kg itu dari sana (Pasar Induk) harganya Rp 80 ribu per kg," ujar dia.

Sutamaaji mengaku, para pedagang di Pasar Kebayoran Lama mengambil pasokan secukupnya. Sehingga, dia tak rugi saat harga cabai tiba-tiba turun padahal sebelumnya membeli dengan harga tinggi. "Kalau mahal ya jual mahal, kalau kurang jual murah," tandas dia.

Berikut pantauan harga pangan Liputan6.com:

Cabai rawit merah Rp 80 ribu per kg
Cabai keriting merah Rp 25 ribu per kg
Tomat Rp 8 ribu per kg
Timun Rp 7 ribu per kg
Bawang merah Rp 35 ribu per kg
Bawang putih Rp 40 ribu per kg
Kol Rp 8 ribu per kg
Wortel Rp 10 ribu per kg
Kentang Rp 15 ribu per kg
Jeruk nipis Rp 15 ribu per kg
Daun bawang Rp 15 ribu per kg
Seledri Rp 20 ribu per kg
Kacang panjang Rp 14 ribu per kg
Sawi Rp 8 ribu per kg
Buncis Rp 14 ribu per kg
Pare Rp 10 ribu per kg
Terong Rp 8 ribu per kg.

(Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.